Peluang Hamil Pengidap Lupus


 

Perempuan 10-15 kali lebih rentan terkena penyakit  lupus dibanding pria. Bagaimana dengan peluang hamil?
 
Apa itu lupus?
Lupus adalah penyakit autoimun kronis. Kekebalan tubuh yang dimiliki odapus (orang dengan lupus) ada dalam kondisi 'salah jalan'. Sistem imun yang harusnya melawan kuman, virus dan bakteri justru menyerang bagian dari tubuh itu sendiri.

Dalam kondisi kronis gejala yang muncul akan bertahan lebih dari enam minggu hingga bertahun-tahun. Penyakit ini bersifat hilang timbul, seiring dengan kondisi dan daya tahan pengidapnya.  

Mengapa Lupus banyak menyerang perempuan?
Adanya mutasi gen yang mengandung kromosom X menyebabkan perbandingan kejadian lupus pada perempuan dan pria adalah sebesar 9:1. Kromosom merupakan struktur dalam inti sel yang mengandung informasi genetika.

Jika pria memiliki satu kromosom X dan satu kromosom Y, maka perempuan memiliki sepasang kromosom X.

Selain itu, perubahan hormon pada perempuan, terutama saat pubertas dan hamil, paparan sinar matahari, dan obat-obatan juga dapat memicu lupus.

Apa penyebab lupus?
Lupus penyakit yang muncul tanpa penyebab, namun bisa dipengaruhi beberapa faktor seperti lingkungan, hormonal atau genetik. Di Indonesia sendiri Lupus biasanya dipicu oleh kombinasi antara zat kimia, virus dan genetik.

Seberapa besar harapan ibu dengan lupus hamil?
Sama besar dengan wanita lain.

Namun sebelum merencanakan program kehamilan, calon ibu sebaiknya kontrol maksimal enam bulan secara intensif untuk memastikan lupusnya ada dalam kondisi stabil.

Apa saja risiko dari kehamilan ibu dengan lupus?
Risiko yang dihadapi sama seperti ibu hamil lain. Hanya saja, jika lupusnya termasuk kategori berat, bisa terjadi darah tinggi dan preeklamsi.

Harapan hidup janin juga sangat besar. Pada satu dua odapus, yang sebelum dan saat hamil tidak melakukan perawatan, risiko keguguran bisa terjadi.

Tapi jika sudah terdiagnosis penyebabnya, akan ada penanganan terlebih terlebih dulu sehingga kehamilan selanjutnya bisa berjalan dengan baik.


Baca juga: Kenali Penyebab Kehamilan Berisiko Tinggi

Apakah bayi yang dilahirkan akan terkena lupus?
Sebesar 93% bayi yang lahir dari odapus tidak akan mewarisi penyakit ibunya. Jika terdapat kasus ibu dan anak merupakan pengidap, maka kemungkinan lupus sang anak adalah disebabkan faktor kimia dan lingkungan.

Bisakah ibu dengan lupus memberi ASI?
Sangat bisa! ASI harus diberikan untuk tumbuh kembang maksimal bayi di awal masa kehidupannya. Pemberian ASI dilakukan secara normal sampai usia 2 tahun dengan 6 bulan masa ASI ekslusif.

Benarkah mengonsumsi obat-obatan bagi odapus dapat berisiko kanker?
Sama sekali tidak benar! Metilprednisolon digunakan untuk mengobati macam-macam gejala yang dirasakan odapus, seperti alergi, asma, Idiopathic Thrombocytopenic Purpura (trombosit rendah). Obat-obatan yang dikonsumsi adalah untuk penanganan pasien dan tidak ada hubungannya dengan kanker.

Apakah lupus bisa disembuhkan ?
Lupus sudah ada obatnya. Meskipun penyakit lupus sendiri amat heterogen dari segi gejala, terapi dan prognosis (perjalanan penyakitnya), namun sebagian besar keluhan odapus sudah dapat diatasi.

Hanya saja, disiplin memegang kunci bagi keberhasilan tata laksana lupus karena pengobatan yang bersifat jangka panjang.

Baca juga: 5 Langkah Agar Kehamilan Tetap Aman

Foto: 123RF

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia