Saat Hamil Tidak Alami Morning Sickness, Normalkah?



Kehamilan menjadi momen paling ditunggu-tunggu bagi seorang wanita. Umumnya proses kehamilan ditandai dengan mual-mual di pagi hari di masa awal kehamilan. Namun normalkah jika Anda tidak merasakan mual, muntah atau morning sickness padahal sudah melewati trimester pertama? Apakah kehamilan tanpa rasa mual mengindikasikan janin tetap sehat?

Hal yang perlu Anda tahu, menurut Michele Hakakha, M.D., FACOG, seorang ahli kandungan di Beverly Hills dan juga merupakan penulis buku Expecting 411, ada sekitar 30% ibu hamil tidak merasakan mual dan muntah. Kasus hamil tidak mengalami morning sickness ini memang tergolong sedikit dan bukan berarti kehamilan Anda bermasalah. Ini bisa terjadi pada siapa saja. Hal senada juga diungkapkan Marra Francis, MD, seorang ahli kandungan di Woodlands, Texas dan penulis kontribusi di Mommy MD Guides yang dikutip dari parents.com, "Beberapa wanita mungkin akan mengalami morning sickness, dan beberapa wanita lain mungkin tidak."

Banyak juga ibu hamil dapat melalui fase hamil secara lancar tanpa ada gangguan-gangguan mual serta muntah. Morning sickness intensitasnya bisa berbeda-beda pada ibu hamil. Sebagian ibu hamil mengalaminya pada masa kehamilan dua minggu. Namun ada juga yang merasakan mual-mual pada usia kehamilan empat dan enam minggu, karena kadar hormon makin meningkat.

Kondisi ibu hamil yang alami mual dan muntah bisa dibilang merupakan kondisi kehamilan yang baik. Tingkat hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang tinggi merupakan salah satu pemicu mual dan muntah pada ibu hamil. Tingkat hCG yang tinggi inilah yang akan menunjukan bahwa kondisi kehamilan sedang mengalami perkembangan baik. Pada beberapa kasus, calon mama yang tidak mengalami morning sickness dapat menunjukan bahwa kadar hormon mereka jauh lebih rendah dan berisiko keguguran. Tapi tak perlu khawatir dan langsung panik, tidak mual dan muntah juga merupakan sesuatu yang normal karena sebagian ibu hamil memang kebal terhadap efek-efek hormon-hormon kehamilan.

Jadi, bila Anda tidak mengalami morning sickness, bukan berarti Anda memiliki kadar hormon abnormal atau ada masalah yang harus Anda khawatirkan. Meski adanya kasus-kasus keguguran akibat tidak adanya tanda-tanda morning sickness, tapi banyak juga wanita lain yang mengalami kehamilan lancar dan sehat tanpa adanya gangguan mual dan muntah. Anggap saja Anda termasuk orang yang beruntung tidak perlu mengalami fase ini tanpa terlalu banyak kesulitan saat masa kehamilan.

Foto: pixabay

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Saat Hamil Tidak Alami Morning Sickness, Normalkah?