12 Daftar Asupan untuk Capai Jantung Sehat


Penyakit jantung tak hanya identik dengan usia lanjut. Melansir dari Riskesdas Kementerian Kesehatan RI 2018, prevalensi penyakit jantung yang dialami oleh orang yang berusia di bawah 45 tahun mencapai 3.7%. Sementara, di Amerika Serikat, Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan bahwa penyakit jantung adalah penyebab kematian utama di sana. Satu orang meninggal setiap 37 detik di Amerika Serikat karena penyakit kardiovaskular. Satu dari empat orang Amerika meninggal karena penyakit jantung setiap tahunnya.
 
Rachael Link, M.S., R.D., ahli gizi di New York, AS, pendiri Nutrimental mengatakan, “Pola makan memainkan peran utama dalam kesehatan jantung dan dapat berdampak pada risiko penyakit jantung.” Ia menyebut bahwa banyak makanan yang dapat memengaruhi tekanan darah, trigliserida, atau pun kadar kolesterol yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.
 
Rachael merekomendasikan daftar makanan dan minuman berikut untuk memaksimalkan kesehatan jantung Anda:


1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, atau sawi terkenal dengan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidannya. Di samping itu, sayuran hijau adalah sumber vitamin K yang membantu melindungi arteri Anda dan mempromosikan pembekuan darah yang tepat. Sayuran ini juga tinggi nitrat yang telah terbukti membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

2. Gandum Utuh

Makanan kaya serat ini dapat membantu mengurangi kolestrol LDL ‘jahat’ dan mengurangi risiko penyakit jantung. Mengonsumsi 3 porsi biji-bijian seperti gandum utuh setiap hari dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 22% lebih rendah.

3. Buah Jenis Berry

Buah jenis berry seperti bluberi, stroberi, maupun rasberi terkenal membantu menjaga kesehatan jantung. Buah-buahan ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi seperti antosianin yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif dan peradangan yang berkontribusi terhadap perkembangan penyakit jantung.

4. Avokad

Buah ini bisa dijadikan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Konsumsi rutin satu avokad per hari dapat menurunkan kadar kolestrol jahat. Tak hanya itu, avokad juga kaya kalium, nutrisi yang penting bagi kesehatan jantung.

5. Ikan Berlemak

Ikan berlemak sepeti salmon atau tuna kaya asam lemak Omega-3 yang sudah dikenal manfaatnya bagi kesehatan jantung. Makan salmon 3 kali seminggu selama 2 bulan berturut-turut diketahui dapat menurunkan tekanan darah diastolik secara signifikan. Selain itu, kebiasaan makan ikan juga dikaitkan dengan kadar kolestrol, trigliserida, gula darah, dan tekanan darah yang lebih rendah.

6. Cokelat Hitam

Cokelat dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Makanan ini kaya antioksidan seperti flavonoid yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Akan tetapi, pastikan Anda memilih cokelat hitam dengan kandungan kakao minimal 70%.

7. Tomat

Tomat mengandung likopen, yakni pigmen tumbuhan alami dengan sifat antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas berbahaya, mencegah kerusakan oksidatif dan peradangan yang dapat berkontribusi pada penyakit jantung. Kecukupan kadar likopen dalam darah dapat membantu meminimalisir risiko serangan jantung dan stroke.

8. Almon

Kacang ini juga merupakan jenis makanan yang populer untuk merawat kesehatan jantung. Almon merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat yang dapat menjaga kadar kolestrol Anda. Di samping itu, juga kaya serat.

9. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan yang sudah tersohor membantu mengobati berbagai penyakit. Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang diyakini memiliki banyak efek terapi. Bawang putih juga dapat menurunkan LDL jahat. Selain itu, dapat menghambat penumpukan trombosit, yang dapat mengurangi risiko pembekuan darah dan stroke. Mengonsumsi ekstrak bawang putih dalam dosis 600-1.500 mg setiap hari selama 24 minggu sama efektifnya dengan obat resep umum untuk mengurangi tekanan darah.

10. Minyak Zaitun

Mengganti minyak goreng yang Anda gunakan dengan minyak zaitun dapat dijadikan sebuah investasi untuk menjaga kesehatan jantung. Berbeda dengan minyak goreng biasa, minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang dapat meredakan peradangan dan mengurangi risiko penyakit kronis. Minyak ini juga kaya asam lemak tak jenuh tunggal. Tak hanya itu, asupan minyak zaitun dikaitkan juga dengan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih rendah.

11. Edamame

Anda bisa menjadikan edamame sebagai camilan. Lantaran, kedelai muda ini kaya isoflavon yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Mengonsumsi 50 gram protein kedelai per hari diketahui dapat menurunkan kolesterol LDL rata-rata 3%.

12. Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol dan katekin, yang dapat bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan dan melindungi kesehatan jantung Anda. Asupan katekin pada teh hijau dapat menurunkan tingkat LDL dan total kolesterol. Di samping itu, teh hijau juga punya kemampuan untuk menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.
 
Tak hanya berhenti di pola makan yang lebih baik, Anda pun perlu melakukan aktivitas fisik rutin, tidak merokok, menghindari alkohol, serta menghindari gaya hidup yang berisiko meningkatkan penyakit seperti sering begadang.
 
 
Baca juga:   
6 Tanda Jantung Anda Bermasalah
Kenali Penyakit Jantung Anak
8 Langkah untuk Jantung Sehat
Rawat jantung dari sekarang!
Kenali Gejala Serangan Jantung Mendadak pada Wanita
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

12 Daftar Asupan untuk Capai Jantung Sehat

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia