14 Strategi Bertahan Saat Listrik Padam


Foto: Pixabay

 

Listrik memang sudah bak darah yang mengaliri setiap nadi kehidupan kita. Begitu ia padam, banyak hal menjadi lumpuh: ekonomi, transportasi, bahkan urusan domestik, seperti persiapan memasak nasi hingga masalah air jika masih menggunakan pompa. Lalu, bagaimana bila listrik padam terjadi dalam jangka waktu yang tidak diketahui lamanya? Bagaimana pun aktivitas Anda akan terus berjalan. Seluruh anggota keluarga harus tetap makan, anak-anak sekolah wajib mengerjakan PR dan belajar, si kecil pun sebisa mungkin merasa tenang dan aman meski minim hiburan, sementara kebutuhan untuk buang air juga terakomodasi. Berikut ini 14 trik menyiasati keterbatasan aliran listrik yang bisa Anda praktikkan.

Penerangan Darurat
Begitu listrik padam, segera nyalakan lampu darurat di rumah Anda. Bila lampu darurat tidak dapat difungsikan, Anda bisa menyalakan senter. Lilin sebaiknya hanya dikeluarkan sebagai pilihan terakhir bila lampu darurat dan senter kehabisan daya. Sebab, menyalakan lilin cukup berisiko apalagi bila masih ada anak kecil. Pastikan meletakkan lilin di aera aman yang tidak mudah terbakar seperti di dekat gorden, kain sprei, kayu, dan lainnya.
 
Pengaturan Sirkulasi Udara
Begitu listrik mati, gerah dan pengap menjadi keluhan yang paling sering diutarakan. Tak berhenti di situ, bayi dan anak-anak mungkin juga akan lebih rewel karena kondisi tersebut. Untuk menyiasatinya, segera “datangkan angin” dengan cara membuka jendela maupun pintu. Anda bisa juga menggunakan kipas angin portable untuk mengatur sirkulasi udara agar tidak terlalu pengap.
 
Ruang Terbuka di Rumah
Saat listrik padam, teras, balkon, atau ruang terbuka di rumah dapat menjadi tempat andalan yang lebih sejuk bagi keluarga. Sambil mencari angin, momen ini juga bisa dimanfaatkan untuk saling bercerita dengan anggota keluarga lainnya. Bila beruntung, di malam hari keluarga Anda bisa juga ditemani oleh bulan yang nampak di langit saat pemadaman terjadi.
 
Losion Antinyamuk
Begitu jendela maupun ventilasi udara dibuka, tak ayal nyamuk menyerbu masuk ke dalam rumah. Apalagi, nyamuk lebih tak terlihat saat gelap. Untuk menjaga agar waktu tidur seluruh anggota keluarga tak terganggu, aplikasikan losion antinyamuk yang aman ke seluruh permukaan tubuh yang tidak tertutupi baju. Untuk anak-anak bisa menggunakan minyak sereh yang lebih alami.
 
Ketahanan Pangan
Anda tidak bisa menyalakan magic com atau microwave saat listrik mati? Kompor gas menjadi satu-satunya pilihan untuk mempersiapkan makanan bagi keluarga. Memasak nasi dengan kompor tentu membutuhkan waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, Anda bisa menyiasati mengganti nasi dengan karbohidrat dalam bentuk lain seperti jagung rebus atau kentang kukus. Selalu sedia bahan makanan cadangan yang tahan lama di rumah seperti roti, keju, atau sereal.
 
Uang Tunai
Saat listrik mati dan jaringan internet turun, retail atau toko tidak bisa menerima pembayaran dari kartu debet atau kartu kredit. Oleh karenanya, segera cari ATM dan tarik tunai uang untuk berjaga-jaga selama aliran listrik masih padam.
 
Persiapan Air
Miliki lebih dari dua galon yang terisi penuh air di rumah. Pemadaman listrik dalam waktu yang panjang akan memengaruhi pasokan air di rumah. Bila stok air di tangki atau toren air rumah Anda habis, saatnya menggunakan air di dalam galon tersebut. Utamakan untuk kebutuhan yang krusial seperti buang air. Kesampingkan keperluan mencuci piring, baju, atau menyiram tanaman bila stok air sangat terbatas. Saat listrik menyala, segera isi tangki air dan beberapa bak kecil untuk persediaan bila listrik kembali padam.
 
Sumber Listrik Cadangan
Pastikan Anda memiliki sumber listrik cadangan seperti power bank yang dapat digunakan untuk mengisi ulang daya ponsel maupun lampu yang kabel pengisian dayanya sama dengan ponsel Anda.
 
Makanan di Dalam Kulkas
Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat listrik mati adalah makanan yang disimpan di dalam kulkas. Pastikan kulkas dan freezer tetap ditutup untuk mempertahankan kualitas makanan. Bila listrik menyala, atur suhu freezer lebih dingin untuk membekukan kembali bahan makanan.
 
Isi Tangki Bensin Kendaraan
Lantaran jaringan yang juga terganggu, Anda tidak dapat melakukan pemesanan transportasi atau pembelian makanan online. Oleh karenanya segera isi tangki bensin kendaraan pribadi Anda untuk mobilitas selama listrik padam. Di samping itu, Anda dapat menghidupkan mobil untuk sementara waktu jika si kecil rewel karena kepanasan, hendak mengisi daya ponsel, atau sekadar mendengarkan radio untuk mencari info terbaru.
 
Rencana untuk Obat-obatan
Bila Anda memiliki obat yang harus disimpan dalam lemari es, maka segera hubungi penyedia obat Anda untuk menanyakan rencana alternatif. Cari tahu berapa lama obat dapat disimpan pada suhu yang lebih tinggi. Untuk sementara, Anda bisa menyimpan di dalam cool box atau di dalam wadah tertutup bersama es batu. Bila memungkinkan, segera titipkan ke kerabat yang listriknya tidak padam.
 
Bunuh Kebosanan
Anak-anak, bagaimana pun Anda menenangkannya, lama-lama akan mengeluh juga dan mulai rewel. Anda dapat mengajak mereka untuk melakukan permainan dalam gelap untuk menghiburnya. Pilih permainan yang sesuai dengan usia si kecil.
 
Tentukan Giliran Keluar Kamar Apartemen
Bila Anda berada di lantai 20 kamar apartemen, akan lebih sulit bagi Anda untuk keluar-masuk dari kamar karena Anda harus melewati tangga darurat. Saat harus keluar untuk memenuhi kebutuhan tertentu, pastikan membuat giliran agar lebih efektif.
 
Ke luar Rumah
Anda pun dapat pergi ke luar dari rumah untuk mencari tempat pasokan listrik dari genset yang sering dipakai oleh pusat perbelanjaan. Selain dapat mendinginkan diri sejenak, Anda dan keluarga bias mencari tempat untuk mengisi daya ponsel dan senter bila dibutuhkan, mendapatkan akses toilet dan air bersih, serta mencari tempat yang nyaman bagi anak-anak untuk mengerjakan PR atau belajar. Rencana lain, yaitu pesan kamar hotel di dekat rumah dan mengungsi ke sana untuk sementara waktu.
 
(Lela Latifa)
 

Baca juga:
Lindungi Anak dari Bahaya Listrik di Rumah
Panduan Hadapi Keadaan Darurat


 

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

14 Strategi Bertahan Saat Listrik Padam

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia