3 Rahasia Otak Sehat


 

Kesehatan otak adalah hal yang sangat penting. Setiap orang ingin hidup lebih lama dengan otak yang sehat dan tajam. Apa saja rahasia otak sehat? Berikut ini kami rangkum saran Max Lugavere, penulis buku Genius Food: Become Smarter, Happier, and Productive While Protecting Your Brain for Life:
 
1. Olahraga
“Olahraga pada dasarnya adalah penguat bagi otak,” ujar Max. Ia menambahkan bahwa olahraga tak hanya baik bagi kesehatan neurologis, namun juga untuk kesehatan mental.
 
Hal ini disebabkan karena saat Anda berolahraga, tubuh Anda akan mengeluarkan hormon endorfin yang bermanfaat untuk meredakan stres dan memberikan energi positif. Tak hanya itu, olahraga juga dapat menghasilkan protein yang mempromosikan neuroplastisitas, yang sangat penting untuk fungsi kognitif dan penuaan yang sehat.
 
Max tak membatasi jenis olahraga apa saja yang bisa Anda lakukan. Menurutnya baik itu olahraga cardio, aerobic, ataupun yoga, semuanya memiliki efek yang sama bagi otak.
 
2. Cukup Tidur
Tidur adalah bagian penting dari kesejahteraan kita. “Ketika Anda tidur, otak Anda benar-benar membersihkan dirinya sendiri," ujar Max. saat Anda tidur, tubuh mengeluarkan cairan serebrospinal yang menghilangkan sisa-sisa protein dan gangguan memori.
 
Kekurangan tidur membuat limbah tersebut menumpuk di otak kita dan mengakibatkan penurunan kognitif. Max menegaskan bahwa  hanya karena satu malam tidur yang buruk, sudah cukup untuk memiliki efek yang merugikan. "Tidur itu penting, dan gratis!" tandas Max.
 
3. Sarapan Protein
Max mengatakan bahwa protein adalah bagian penting dari makanan pertama Anda di pagi hari, terutama setelah berolahraga. "Protein berfungsi sebagai tulang punggung neurotransmiter Anda," katanya. Di samping itu protein dapat meningkatkan kinerja otak untuk mengingat, juga membuat Anda merasa bahagia.
 
Baca juga:
Suplemen untuk Kualitas Kerja Otak
Tingkatkan Kemampuan Otak Anak
Mengenal Isomaltulosa Pendukung Kerja Otak
Nutrisi untuk Perkembangan Otak
Senam Otak Agar Tak Cepat Pelupa
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY


 

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

3 Rahasia Otak Sehat

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia