4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mengajak Anak Nonton Film


 
 
Selain ramai diperbincangkan lantaran sinematografinya yang apik serta kepiawaian pemeran utamanya, film Joker juga sedang ramai dibahas di media sosial berkaitan dengan imbauan  tidak mengajak anak-anak menontonnya. Film ini dinilai tidak cocok untuk dikonsumsi anak-anak. Terang saja, Lembaga Sensor Film mengategorikan film ini sebagai tontonan 17+, yang artinya tidak cocok untuk anak-anak. Akan tetapi, beberapa orang tua mungkin salah mengira bahwa film ini akan memiliki nuansa yang sama dengan film-film Batman yang menjadi tokoh superhero idola anak-anak. Nyatanya, film ini mengandung banyak adegan kekerasan yang sadis serta kata-kata kasar
 
Demikian juga yang terjadi pada Gundala, beberapa orang tua salah sangka mengenai film yang digadang-gadang akan membuka cakrawala cerita superhero asal Indonesia. Film yang berangkat dari komik masa kecil Anda ini ternyata juga banyak memuat adegan kekerasan dan kata kasar.
 
Vera Itabiliana Hadiwidjojo, psikolog anak dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia menegaskan ada beberapa kesalahan yang harus dihindari oleh orang tua saat mengajak anak menonton film di bioskop, yakni:
 
1. Menganggap remeh label batasan usia atau rating film hanya karena merasa anaknya sudah cukup besar.
 
2. Go show atau asal pilih film yang ada. Kadang-kadang menonton film di bioskop hanya menjadi alternatif mengisi waktu keluarga atau akhir pekan. Sehingga, ketika tidak ada film yang cocok dengan anak-anak pun, kita tetap memaksakan diri untuk menonton.
 
3. Menganggap anak belum paham apa yang sedang ditonton. Justru, karena pemahaman mereka belum sematang orang dewasa, maka hal yang dikhawatirkan adalah film akan menimbulkan persepsi kurang tepat yang membuat anak jadi cemas, takut, atau malah belajar kekerasan. Segala sesuatu yang dilihat anak akan berdampak pada dirinya—sementara kita tidak tahu akan sedalam apa dan sampai kapan.
 
4. Tidak mengakui kesalahan jika memilihkan film yang tidak sesuai untuk anak. Padahal orang tua harus bisa mendampingi anak yang mungkin menjadi ketakutan atau berfantasi di luar nilai-nilai yang diyakini keluarga setelah menonton film tersebut. Sebaiknya berikan penjelasan yang bisa diterima olehnya.
 

LELA LATIFA
FOTO: PIXABAY



Baca juga:
5 Panduan Sebelum Ajak Anak Nonton di Bioskop
Lakukan Ini Bila Anak Terobsesi Tokoh Idolanya

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mengajak Anak Nonton Film

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia