7 Fakta tentang Hubungan Stres dan Pengasuhan


 

Dr. Keith Crnic, pengajar psikologi di Arizona State University, AS, mengatakan bahwa kekhasan hubungan antara orang tua dan anak disebabkan oleh berbagai macam faktor, antara lain karakteristik setiap orang tua—baik ayah maupun ibu, karakteristik anak, faktor ekonomi, faktor sosial, dan juga faktor psikologis.
 
Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, ia melihat bahwa masalah emosi dan perilaku baik dari orang tua dan anak-anak memiliki pengaruh negatif satu sama lain dalam pengasuhan.
 
Berikut ini hasil studinya:

1. Temperamen anak ternyata dipengaruhi oleh manajemen emosi orang tua. Kehangatan dan kontrol orang tua secara positif, adalah dua atribut orang tua yang paling penting yang membantu menciptakan efek positif. Cara orang tua merespon positif emosinya dan memanajemennya menjadi faktor penting dalam pengasuhan karena dapat mengembangkan temperamen anak yang sehat. Sebaliknya, bila orang tua tidak memiliki manajemen emosi yang baik, maka anak akan memiliki kecenderungan temperamen yang kurang sehat.


2. Interaksi yang kurang baik antara anak dan orang tua menyebabkan pengasuhan menjadi lebih dipenuhi dengan stres.

3. Efek stres yang terkait dengan pengasuhan anak seperti masalah anak yang suka membantah, anak yang sulit mendengar, dan masalah perilaku anak jauh lebih besar bagi orang tua daripada efek stres kehidupan umum pada keluarga seperti masalah keuangan, pembagian waktu, atau pekerjaan rumah.

4. Pertengakaran antara satu orang tua dan anak dapat menjadi stresor yang mengganggu kemampuan pihak orang tua lain untuk mempertahankan hubungan positif dengan anak-anaknya.

5. Kondisi psikologis ibu saat hamil memengaruhi kesehatan dan perkembangan bayi. Ibu yang mengalami stres dan kurang support system akan lebih sulit untuk beradaptasi dengan bayinya dan pada akhirnya berisiko mengalami depresi.

6. Perilaku ayah yang negatif dapat menyebabkan masalah perilaku pada anak. Sementara, perilaku negatif ibu dapat menyebabkan anak mengalami kesulitan bahkan dalam hal akademik.

7. Hubungan ayah dan anak lebih rentan terhadap konflik ketimbang hubungan ibu dan anak. Akan tetapi, umumnya hubungan ayah-anak pada awal-awal tahun terjaga baik.

 
Baca juga:
7 Tanda Keluarga Anda Stres
Perasaan Bersalah Ibu Bekerja Pemicu Stres Kronis
7 Manajemen Stres untuk Mama
6 Penyakit Ini Bisa Mengintai Anda Ketika Stres
10 Pedoman Pengasuhan Membesarkan Anak Tangguh
Saran Pengasuhan Anak, Siapa yang Paling Bisa Dipercaya?
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

7 Fakta tentang Hubungan Stres dan Pengasuhan

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia