8 Hal Yang Membuat Istri Merasa Diapresiasi

bagaimana memahami dan mengapresiasi istri


Ketika seorang perempuan menjadi istri dan menjadi ibu, sesungguhnya ia telah menjadi seorang manusia tangguh. Dengan penuh kasih sayang, ia membagi waktu dan perhatiannya untuk mengurus anak-anak, ia memanfaatkan kecerdasannya untuk mengatur keuangan keluarga, ia mengerahkan seluruh kelebihan yang dimilikinya untuk menghangatkan seisi rumah.
 
Percayalah, pekerjaan menjadi seorang ibu adalah pekerjaan terberat. Tidak sedikit Papa yang mengakui bahwa pekerjaan istrinya berkali-kali lipat lebih berat dari pekerjaannya sendiri sebagai seorang suami. Pasalnya, Papa tahu betul bahwa tak ada waktu istrirahat yang optimal untuk istrinya. Tidak ada hari libur bagi seorang ibu. Ibu juga tidak bisa mengambil cuti.
 
Oleh karenanya, tak salah bukan, bila Papa memberikan apresiasi kepada Mama? Apresiasi, sekecil apa pun itu, akan membuat Mama merasa dihargai, diterima, dan bahagia. Tidak sedikit, lho, Mama yang tidak pernah merasa diapresiasi oleh orang terdekatnya sehingga berpengaruh terhadap kesehatan mentalnya.
 
Apa yang bisa Papa lakukan atau berikan kepada istri untuk membuatnya merasa diapresiasi?
 

1. Katakan Kepadanya Bahwa Ia Ibu yang Hebat
Setiap melihat anak yang makan lahap, anak punya banyak kosa kata, anak tampil menggemaskan, anak berprestasi di sekolah, ingat untuk tidak hanya memuji anak Anda. Pujilah istri Anda. Sebab, dialah yang berperan besar dalam mendampingi setiap langkah milestone si kecil.
 

2. Tulis Surat Cinta
Waaah, senangnya mendapat surat cinta dari suami. Sampaikan apa yang membuat Anda merasa bahagia dengan hidup bersamanya. Ucapkan juga rasa bangga Anda terhadap setiap hal positif yang dilakukan oleh istri. Janjikan bahwa Anda akan selalu mendukungnya di akhir surat Anda. 

3. Tunjukkan Pengakuan Publik
Mama suka dibanggakan. Ini bisa Anda lakukan dengan memujinya di depan keluarga besar atau teman-teman. Atau, bisa juga, lho, dilakukan dengan mengunggah foto istri dengan aktivitasnya yang luar biasa atau dengan prestasinya di media sosial dengan tag dirinya. Waaah, siapa yang tak bahagia.
 

4. Buat Kompilasi Foto atau Video
Romantis, deh, kalau tiba-tiba suami mengirimi kompilasi foto atau video yang diabadikan sejak pernikahan, kehamilan, dokumentasi Anda saat melahirkan, menyusui, mengasuh anak, memasak, bekerja, dan lain sebagainya. Ini menandakan kalau Papa adalah suami yang memerhatikan momen demi momen.
 

5. Menghabiskan Masakannya
Memasak itu tidak mudah, lho. Butuh waktu, fokus, dan tenaga. Mama pasti suka kesal kalau sudah susah-susah masak tapi malah cuma dimakan sedikit. Melihat Papa melahap habis masakannya, Mama pasti sangat lega dan merasa usahanya diapresiasi.
 

6. Beri Hadiah
Kalau bahasa cinta istri Anda adalah hadiah, maka berikan ia hadiah untuk memberinya apresiasi. Bahkan, hadiah sekecil apa pun akan bermakna untuknya. Ketahui empat jenis bahasa cinta lainnya di sini.
 

7. Buat Ia Merasa Dibutuhkan
Mau cukur rambut, mau ada presentasi proyek terbaru, mau beli sepatu baru, mintalah selalu pendapatnya. Hal tersebut membuat istri merasa dibutuhkan. Dengan demikian ia akan tahu bahwa ia sangat bermakna di hidup Anda. Ini adalah bentuk apresiasi yang membuat istri merasa berharga.
 

8. Akui Kemajuannya
Bila istri Papa tengah punya resolusi, misalnya menurunkan berat badan, punya pekerjaan baru, jadi lebih sabar menghadapi anak, ambil peran untuk menjadi supporter utamanya. Akui setiap kemajuan yang ia buat dalam mencapai resolusi tersebut.
 
Baca juga: 7 Langkah Wujudkan Resolusi Tahun Baru
 
Tentunya, lakukan itu semua dengan penuh kasih sayang.
 
Baca juga:
Sport-Date Mama & Papa
6 Perbedaan Mama dan Papa dalam Berkomunikasi
Bahagianya, Ini 4 Tanda Pernikahan Ideal
8 Indikasi Masalah Keuangan dalam Pernikahan
10 Kunci Pernikahan Sehat
4 Cara Komunikasi Yang Membahayakan Pernikahan
 
 
LTF
FOTO: FREEPIK

 


Topic

#keluarga #suamiistri

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

8 Hal Yang Membuat Istri Merasa Diapresiasi