Bagaimana Memenuhi Kecukupan Vitamin dan Mineral Anda dan Anak?

vitamin dan mineral apa saja yang dibutuhkan anak anak dan dewasa


Seharusnya, gizi lengkap dan seimbang menjadi pedoman kita dalam menyiapkan makanan keluarga. Jika selama ini Anda lebih fokus pada pemenuhan gizi seimbang untuk anak, jangan lupa, Anda dan orang dewasa lainnya di rumah juga memerlukannya untuk memelihara kesehatan dengan baik, mengisi ulang energi, dan mempertahankan daya tahan tubuh.
 
Ada beragam vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, yang dapat diperoleh dari makanan, seperti sayuran dan buah-buahan. Dengan tercukupinya asupan vitamin dan mineral sehari-hari, fungsi organ tubuh serta proses metabolisme dapat berjalan lancar, mengurangi risiko terjadinya penyakit tertentu, dan kekurangan gizi serta anemia.
 
Baca juga: Kapan Tubuh Butuh Multivitamin?
 
Vitamin dan Mineral yang Kita Butuhkan
Beberapa vitamin berikut ini perlu tercukupi, baik untuk anak-anak di masa tumbuh kembangnya, maupun Anda dalam menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.
 
 - Vitamin A: penting untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, serta daya tahan tubuh. Vitamin A bisa dengan mudah didapatkan dari sayuran dan buah-buahan, seperti bayam, wortel, ubi, kentang, tomat, dan mangga.
 
- Vitamin B Kompleks: Ada beragam jenis vitamin B dengan fungsi masing-masing. Vitamin B1 berfungsi untuk mendukung pertumbuhan jaringan tubuh dan mengubah karbohidrat menjadi energi, sementara vitamin B9 penting untuk mendukung tumbuh kembang janin. Adapun vitamin B6 dan vitamin B12 diperlukan dalam metabolisme protein, menjaga kesehatan otak dan saraf, serta menghasilkan sel darah merah. Daging, ikan, telur, aneka buah dan sayuran, kacang, dan susu adalah sumber vitamin B kompleks.

- Vitamin C : merupakan nutrisi esensial, yang mendukung sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi, sumber antioksidan, dan membantu pembentukan protein tubuh. Vitamin C bisa didapat dari buah-buahan.
 
- Vitamin D: Fungsinya membantu penyerapan kalsium untuk kekuatan tulang dan membantu menguatkan sel kekebalan tubuh.  Selain dari makanan, vitamin D bisa diproduksi secara alami oleh tubuh ketika terpapar sinar matahari. Dianjurkan untuk rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 10-15 menit.
 
- Vitamin E: Memiliki sifat antioksidan, yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Bisa didapat dari kacang-kacangan, daging tanpa lemak, sayuran hijau, dan telur.
 
Baca juga: 9 Vitamin Penting untuk Si Kecil
 
Selain itu, Anda perlu juga memenuhi asupan mineral, seperti:
- Kalsium: salah satu mineral yang penting bagi tubuh, berperan penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi, juga mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis, menjaga kesehatan jantung serta kerja saraf dan otot tubuh. Kalsium terdapat dalam susu dan produk olahannya, seperti yoghurt dan keju, kacang-kacangan, ikan, dan sayuran hijau.

- Selenium: memiliki sifat antioksidan, secara alami terkandung di dalam air dan beberapa jenis makanan, seperti ikan tuna, daging sapi, telur, dan kacang-kacangan.

- Zinc: Sangat penting karena berfungsi sebagai pembentuk kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jaringan tubuh, membantu proses penyembuhan luka, serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

- Yodium: diperlukan untuk produksi hormon tiroid dan mengatur berbagai fungsi anggota tubuh. Pada ibu hamil, yodium bisa menurunkan risiko keguguran dan kematian janin, sementara anak-anak memerlukannya untuk mendukung tumbuh kembangnya. Kekurangan yodium sering terjadi pada anak-anak dan ibu menyusui. Gangguan yang muncul antara lain penyakit gondok dan hipotiroid. Yodium antara lain terdapat pada rumput laut, boga bahari (seafood), garam beryodium, susu, dan lain-lain.
 
Masih ada vitamin dan mineral lainnya yang penting untuk Anda dan si kecil. Pastikan kebutuhan harian Anda akan vitamin dan mineral itu terpenuhi.
 
Baca juga: 5 Mineral Penting yang Harus Dikonsumsi Anak di Masa Pertumbuhan
 
Suplemen Multivitamin Sebagai Pendukung
Dalam memenuhi kebutuhan gizi keluarga, mungkin Anda merasa menghadapi banyak kendala, misalnya anak tergolong picky eater, hanya mau makan makanan tertentu saja. Padahal, keragaman pangan sangat diperlukan oleh tubuh kita, karena tiap bahan makanan memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral berbeda, yang akan melengkapi satu sama lain. Sementara, mungkin Anda juga tidak cukup tertib soal makan, sering terlambat makan dan banyak mengonsumsi junk food demi kepraktisan. Hal tersebut bisa menyebabkan Anda dan si kecil kekurangan vitamin dan mineral, juga zat gizi lainnya yang sangat dibutuhkan.
 
YOUVIT gummy multivitamin

Untuk mendukung pemenuhan kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda dan si kecil, sejak tahun 2017, YOUVIT menghadirkan multivitamin dalam bentuk gummy untuk dewasa dan anak-anak. “Inovasi kami, gummy multivitamin untuk dewasa pertama di Indonesia dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian penting bagi tubuh, dengan kandungan vitamin yang lengkap dan rasa yang enak. YOUVIT dengan konsisten membantu masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya dengan multivitamin yang penting untuk meningkatkan imunitas tubuh demi melawan COVID-19 selama masa pandemi ini,” tutur Wouter van der Kolk, CEO PT YOU Indonesia.
 
Setelah lima tahun hadir di Indonesia, YOUVIT kembali meluncurkan inovasi terbaru. Dengan konsep multivitamin yang lebih alami, YOUVIT menciptakan formula baru multivitamin dewasa dari sari buah asli 5 super berries (strawberry, goji berry, cranberry, raspberry, blueberry). Dengan tambahan Zinc, YOUVIT makin lengkap dengan 10 vitamin (A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E) dan 3 mineral (Selenium, Yodium dan Zinc). “Tak perlu bimbang dalam mengonsumsi vitamin karena gummy YOUVIT multivitamin mengandung nutrisi seimbang dalam dosis tepat, jika dikonsumsi setiap hari dapat mendukung kesehatan jangka panjang,” tutur Rachel Olsen, B.Sc., Nutritionist Lead YOUVIT, yang juga hadir pada peluncuran produk baru YOUVIT.
 
Baca juga: Inilah 7 Buah Paling Kaya Vitamin C
 
Diungkap pula oleh dr. Nadia Alaydrus, dokter sekaligus health influencer, pentingnya mengonsumsi tambahan suplemen secara rutin. “Asupan vitamin yang lengkap setiap hari sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Terutama di saat pandemi ini, vitamin C, D, dan Zinc sangat berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh. Tentu saja konsumsi suplemen yang lengkap ini juga harus memenuhi dosis yang direkomendasikan untuk dikonsumsi tiap hari,” lanjut dr. Nadia.
 
Sementara, selain 10 vitamin dan 3 mineral, formula baru YOUVIT Multivitamin Anak mengandung nutrisi dari 12 sayur dan buah (apel, pir, kiwi, nanas, markisa, lemon, timun, kembang kol, bayam, seledri, jeruk, strawberry), juga ekstrak curcuma untuk mendukung nafsu makan yang baik. Berbentuk monster lucu, ada 3 pilihan rasa yang disukai anak-anak, yakni jeruk, nanas, dan strawberry. “Format gummy membuat vitamin yang ada di dalamnya jauh lebih efektif diserap secara alami oleh tubuh karena melalui tahap pencernaan pertama yaitu mengunyah. Cukup 1 gummy setiap hari, sudah memberikan nutrisi seimbang,” ungkap Rachel.
 
Baca juga:
Anak Susah Makan, Perlukah Vitamin?
Memilih Vitamin Buat Anak
Kandungan Mineral Pada Ikan
Mineral dalam buah dan sayur
 
grc
Foto: FREEPIK, dok. YOUVIT

 


Topic

#keluarga #kesehatan

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Bagaimana Memenuhi Kecukupan Vitamin dan Mineral Anda dan Anak?