Belanja Sekarang, Bayar Nanti

tip belanja hemat

Biasanya, pada bulan Ramadan dan jelang Lebaran, kebutuhan kita dan keluarga meningkat. Pengeluaran untuk belanja pun membengkak. Mulai dari belanja makanan untuk buka puasa dan sahur, menyiapkan kue-kue Lebaran dan antaran (hampers) untuk kerabat, hingga baju baru. Tentu ini membuat kita perlu cerdas mengelola keuangan, serta cermat menentukan apa saja yang benar-benar menjadi kebutuhan, alokasi dana, dan bagaimana sistem pembayarannya.
 
Baca juga: Beban Keuangan Generasi Sandwich, Ini 5 Langkah Menghadapinya
 
Agar Keuangan Sehat
 

  • Utamakan Kebutuhan, Bukan Keinginan
Ini adalah satu pesan dan saran dari banyak perencana keuangan: utamakan kebutuhan, bukan keinginan. Sebaiknya buat daftar kebutuhan tiap anggota keluarga, lalu pilah-pilah mana yang benar-benar kebutuhan dan perlu menjadi prioritas, serta mana yang sebenarnya masuk kategori keinginan dan masih bisa ditunda. Misalnya, pakaian Lebaran baru saat ini sebenarnya bukan kebutuhan, karena masih ada banyak pakaian bagus yang bisa dipakai, dimodifikasi, atau dipadupadankan. Sementara, menyiapkan menu sehat bergizi seimbang untuk keluarga saat berpuasa adalah kebutuhan.     
 
  • Buat Anggaran dan Patuhi
Anda perlu menghitung secara cermat pemasukan dan pengeluaran. Buat rencana anggaran secara tertib, agar keuangan Anda bisa diatur. Jika ada pemasukan tambahan, sebaiknya tidak serta-merta menambah pengeluaran, jika memang tidak sangat mendesak. Tetaplah pada anggaran awal dan patuhi. Uang tambahan bisa ditabung dulu. Mematuhi anggaran adalah tantangan, tapi tidak ad acara lain yang bisa dilakukan selain mematuhinya.
 
  • Buat Pos-Pos Pengeluaran
Dulu, ibu kita menggunakan amplop untuk memisahkan uang listrik, uang belanja bulanan, SPP anak, dan sebagainya. Untuk saat ini, Anda bisa memanfaatkan teknologi digital dan menggunakan e-wallet untuk pos-pos pengeluaran.  
 
Baca juga: 5 Prioritas Penting yang Harus Ada di Perencanaan Keuangan Papa

Bayar Sekarang atau Nanti?
Idealnya, Anda tidak memiliki pengeluaran yang lebih besar dari pemasukan, atau besar pasak dari tiang. Bahkan semestinya ada sebagian uang Anda untuk ditabung. Namun, ketika ada begitu banyak kebutuhan mendesak, sementara Anda perlu sedikit keleluasaan atau fleksibilitas dalam membayar, mungkin memilih sistem pembayaran di kemudian hari yang lebih memudahkan bisa menjadi pilihan. Inilah yang ditawarkan Atome, penyedia layanan belanja-sekarang bayar-nanti (Buy Now Pay Later).
 
atome-ranch market

Atome yang merupakan singkatan dari Available To Me and Access to More telah hadir di Indonesia dan di delapan negara lainnya, yakni: Singapura, Malaysia, Hong Kong, Vietnam, Taiwan, Filipina, Thailand, dan Tiongkok Raya. Dengan Atome, konsumen kini memiliki kenyamanan, akses, serta kemampuan untuk melakukan pembelian produk-produk dari bermacam merchant, mulai dari produk fashion dari banyak brand ternama hingga kuliner.
 
Dan, di bulan April ini, bertepatan dengan datangnya bulan Ramadani, Atome menjalin kerja sama dengan PT Supra Boga Lestari Tbk yang bergerak di dunia ritel modern, khususnya supermarket di Indonesia, yakni Ranch Market, Farmers Market, The Gourmet by Ranch Market, Farmers Family by Farmers Market, dan  Day2Day oleh Farmers Market, yang berlokasi di beberapa kota di Jabodetabek dan beberapa kota besar lainnya.
 
Dengan demikian, Anda bisa membeli bermacam kebutuhan dengan metode pembayaran belanja sekarang bayar nanti, yang dapat dicicil selama tiga atau enam bulan dan tanpa bunga, dengan mengunduh aplikasi Atome. Pembayaran dilakukan dengan mudah, hanya dengan melakukan scan kode QR di kasir dari masing-masing supermarket. 
 
Baca juga: 5 Tip Hemat Belanja di Supermarket
 
“Atome menyasar generasi milenial dan Z, dengan memberikan akses mudah bagi mereka pada produk-produk berkualitas yang menunjang hobi, passion, serta aspirasi mereka, khususnya pada bidang kuliner dan gaya hidup,” kata Richard Haris Head of Marketing Atome Indonesia, yang mengungkap persyaratan Atome bagi konsumen sangat mudah dan bisa diakses segera.
 
Sementara, Maria Suwarni, Chief Marketing and Merchandising Officer dari PT Supra Boga Lestari Tbk menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan pengalaman yang sangat menarik, karena konsumen dapat memiliki akses pada produk sehari-hari yang sehat serta berkualitas dengan akses mudah dan terjangkau, terlebih pada bulan Ramadan dan Idulfitri mendatang.
 
 
Baca juga:
7 Tip Keuangan Bebas Utang
Materi Keuangan Dasar untuk Anak: Kebutuhan, Bukan Keinginan
8 Indikasi Masalah Keuangan dalam Pernikahan
Apakah Keuangan Keluarga Anda Stabil?
 
 
grc
Foto: Shutterstock, grc

 


Topic

#keluarga #belanja