Bila Suhu Panas Kembali Melanda Indonesia, Apa yang Harus Anda Sekeluarga Lakukan?

 
Fenomena gerak semu matahari membuat matahari di bulan Oktober lalu bergeser ke Indonesia bagian selatan. Akibatnya wilayah Indonesia bagian selatan seperti Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi Selatan didominasi oleh suhu panas—bahkan mencapai 39°C!
 
Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMG) memberikan pernyataan bahwa suhu panas yang melanda Indonesia sudah berakhir. Jika Anda sekeluarga masih khawatir suhu panas akan kembali melanda, berikut tip bertahannya.
 
1/ Air, Air, dan Air
Air adalah kunci! Minum lebih banyak cairan menjadi sangat penting dilakukan selama cuaca panas. Riana R. Pryor., Ph.D., A.T.C., asisten profesor di Departement of Exercise and Nutrition Sciences, University of Buffalo, New York mengatakan, "Banyak orang tidak menyadari bahwa ketika ia merasa haus, ia sudah mengalami dehidrasi.” Ia melanjutkan bahwa rasa haus menunjukkan kemungkinan 1% bahwa tubuh mengalami dehidrasi. Oleh karenanya, saat cuaca panas penting bagi seluruh anggota keluarga untuk memenuhi kandungan cairan tubuh.
 
Tip: Manfaatkan juga fasilitas pengingat di ponsel untuk minum. Hal ini sangat membantu bagi orang yang sering lupa minum. Bantu penuhi asupan cairan dengan mengonsumsi buah yang kaya air.
 
2/ Tidak Minum Air Dingin
Sama seperti ketika berbuka puasa, Anda tidak direkomendasikan langsung minum air dingin lantaran tubuh berada dalam kondisi panas. Pasalnya, tubuh akan resisten dengan semakin menghasilkan panas. Kondisi tersebut justru membuat tubuh semakin panas.
 
Ollie Jay, associate professor fisiologi termoregulasi di Universitas Ottawa, Jepang merekomendasikan untuk minum air dengan suhu normal atau hangat. Sebab, minuman hangat lebih dapat meningkatkan respons pelepasan keringat sehingga tubuh mendingin. Akan tetapi, ada situasi di mana minuman hangat tidak dapat mendinginkan Anda, yakni jika tubuh Anda sangat lembap atau mengenakan pakaian terlalu tebal sehingga keringat tidak memiliki peluang untuk menguap.
 
Tip: Keluarkan air dengan suhu normal atau hangat dari dispenser. Bila Anda sangat lembap atau berpakaian tebal, maka diperkenankan minum air dingin.
 
3/ Nyalakan Kipas Angin
Berada di ruangan ber-AC saat panas memang terasa seperti surga dunia. Akan tetapi, Anda tentu akan mendapati tagihan listrik yang meningkat di akhir bulan. Untuk itu, Anda bisa menggunakan kipas angin sebagai bantuan. Melansir dari BBC, kipas angin tidak berfungsi sama seperti AC yang mendinginkan udara. Kipas angin bekerja dengan cara menggerakan udara untuk menciptakan angin yang dapat meningkatkan efisiensi metode normal tubuh untuk tetap dingin melalui konveksi panas dari kulit serta penguapan keringat dari kulit.
 
Tip: Gunakan kipas angin di ruangan yang mengalirkan udara di siang hari.
 
4/ Buka Ventilasi Udara
Membuka ventilasi udara seperti jendela adalah hal yang banyak kita lakukan saat panas. Akan tetapi, di siang hari hal ini dapat menjadi bumerang sebab suhu panas akan lebih mudah masuk ke rumah. Masih melansir dari BBC, Anda sebaiknya membuka jendela jika udara di luar lebih dingin daripada udara di dalam yang kemungkinan besar terjadi pada malam hari.
 
Tip: Buka jendela hanya di malam hari saja. Saat siang hari sebaiknya tutup jendela lantaran suhu di dalam ruangan jauh lebih sejuk.
 
5/ Lebih Peka terhadap Manula dan Bayi di Rumah
Menurut Pryor, seiring bertambahnya usia manusia, kita kehilangan kemampuan untuk mempertahankan dan mengatur suhu tubuh. Manula mungkin tidak menyadari bahwa mereka terlalu panas, yang berarti mereka dapat mengalami dehidrasi lebih cepat daripada orang yang lebih muda. Di samping itu, menurut Pryor bayi yang berusia muda juga rentan mengalami dehidrasi.
 
Tip: Selalu tawarkan minum secara rutin kepada manula dan bayi. Pastikan urine mereka berwarna kuning jernih.
 
6/ Bila Bekerja di Luar Ruangan
William Adams, direktur Hydration, Environment and Thermal (H.E.A.T.) Stress Lab di University of North Carolina, Greensboro, AS mengatakan bahwa orang yang berisiko tinggi untuk mengalami dehidrasi adalah mereka yang berada di luar ruangan untuk waktu lama. Oleh karenanya, penting untuk memastikan Anda tetap terhidrasi.
 
Tip: Bawa air dalam botol ke mana pun pergi sehingga tidak lupa untuk minum.
 
7/ Awasi Hewan Peliharaan
Tak hanya manusia, hewan peliharaan juga dapat mangalami masalah lantaran suhu yang panas. Oleh karenanya, selalu amati hewan peliharaan Anda. Anjing umumnya menghilangkan panas dengan terengah-engah, bukan berkeringat.
 
Tip: pastikan kebutuhan minum hewan peliharaan tercukupi dan jaga suhu di sekitar mereka. Bila biasanya mereka diletakkan di luar rumah, sebaiknya dipindahkan ke dalam rumah untuk sementara ketika suhu sangat panas.
 
 
LELA LATIFA
FOTO: FREEPIK

 
 
Baca juga:
11 Aturan Olahraga Saat Cuaca Panas

6 Cara Agar Anak Terhidrasi Saat Cuaca Panas
Berapa Banyak Air Putih Yang Harus Kita Minum Setiap Hari?

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Bila Suhu Panas Kembali Melanda Indonesia, Apa yang Harus Anda Sekeluarga Lakukan?

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia