Cara Mencegah Tertular Virus Corona


Foto: Pixabay


Bila mempunyai rencana untuk mengunjungi China, Anda patut waspada. Sebab, wabah virus corona yang memiliki kesamaan genetis dengan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), masih berlangsung di sana dan telah mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia. Diduga, virus corona berasal dari Kota Wuhan, di mana terdapat pasar makanan laut dan hewan liar lainnya di sana.
 
Virus corona ini menyebabkan gejala penyakit seperti pneumonia seperti demam, batuk hingga disertai masalah pernapasan seperti dada sesak atau napas pendek dan lemas, sehingga disebut sebagai pneumonia Wuhan. Virus ini sudah menjangkiti ratusan orang dan menewaskan sembilan orang di negara tersebut. Sejauh ini, disimpulkan bahwa virus ini menular lewat manusia.
 
Korban virus corona sudah meluas ke beberapa negara Asia, bahkan hingga Amerika Serikat. Jepang dan Amerika Serikat melaporkan ada warga negaranya yang terjangkit virus corona sepulang dari berkunjung ke Wuhan, China. Sementara, di Thailand dan Korea Selatan, virus ini terdeteksi dari turis dari China.
 
Sebagai mekanisme pencegahan dini penularan virus corona, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) mengimbau masyarakat untuk melakukan langkah-langkah berikut:

  • Selalu jaga kebersihan tangan, terutama setelah memegang benda-benda di tempat umum dan sebelum memegang mulut, hidung, mata, serta setelah memegang benda-benda di tempat umum.
  • Praktikkan tujuh langkah cuci tangan yang benar dengan sabun di air mengalir, setidaknya selama dua puluh detik.
  • Gunakan handuk atau tisu untuk mengeringkan tangan setelah mencuci tangan
  • Bila tidak ada air dan sabun, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70-80%.
  • Selalu tutup mulut dan hidung ketika batuk dan bersin.
 
Lantas bagaimana dengan Anda yang telah mengantongi tiket untuk berlibur ke China atau negara-negara lain yang juga melaporkan deteksi virus corona ini? Berikut ini adalah saran dari PDPI yang bisa Anda lakukan:
  • Tidak menyentuh unggas, ikan, dan hewan lainnya.
  • Tidak mengunjungi pasar, peternakan, atau tempat yang menjual hewan hidup.
  • Menghindari kontak langsung dengan individu yang sedang merasakan gejala infeksi pernapasan.
  • Mematuhi petunjuk keamanan makanan dan aturan kebersihan.
  • Gunakan masker saat berada di tempat umum atau saat menggunakan transportasi umum
 
PDPI menghimbau agar Anda segera mengunjungi dokter saat merasa badan Anda bermasalah disertai dengan demam dan batuk. Anda juga disarankan segera mengunjungi dokter setelah kembali dari daerah wabah.
 
(Lela Latifa)

 

 


Topic

#corona #viruscorona #covid19 #coronavirus

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Cara Mencegah Tertular Virus Corona

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia