Tujuh Manfaat Berpelukan



Bagi siapa pun, pelukan hangat bisa menciptakan rasa nyaman, tenang, damai, dicintai. Tidak hanya itu, pelukan juga membuat tubuh lebih sehat. Berikut adalah manfaat berpelukan:

1. Menciptakan rasa nyaman dan bonding
Saat berpelukan, tubuh mengeluarkan hormon oksitosin yang menciptakan rasa hangat, nyaman, percaya, dan kelekatan dengan orang lain. Hal itu tentu akan membuat hubungan dan komunikasi dengan anak dan suami menjadi lebih terbuka.

2. Mood lebih baik dan rasa bahagia
Berpelukan untuk waktu yang lama akan meningkatkan level serotonin, yang berhubungan dengan mood atau suasana hati Anda.

3. Antistres
Berpelukan menurunkan tekanan darah, berefek baik bagi kesehatan jantung, dan menurunkan stres.

4. Kekebalan tubuh meningkat
Karena pelukan menstimulasi kelenjar thymus yang mengatur dan menyeimbangkan produksi sel darah putih, sehingga Anda sehat dan tidak mudah sakit.

5. Meningkatkan self esteem
Sejak bayi, anak merasakan pelukan mama, papa, dan anggota keluarga lain, yang membuat ia merasa dicintai dan istimewa. Hal itu akan terbawa hingga dewasa, yang menjadi dasar seseorang untuk mencintai, serta menghargai dirinya sendiri.

6. Merelakskan otot-otot yang tegang, dan membantu meredakan nyeri karena pelukan dapat melancarkan peredaran darah. Pelukan juga menyeimbangkan sistem saraf.

7. Mengajarkan kita memberi dan menerima, mengembangkan empati, serta membuat kita lebih mudah memahami orang lain.

Foto: Fotosearch

 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Tujuh Manfaat Berpelukan

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia