H&M Luncurkan Kids Daily Wear Berbahan Sampah Plastik di Indonesia


 

 

Belakangan, sustainable fashion menjadi wacana yang mengemuka di dunia mode. Sustainable fashion dinilai sangat memerhatikan sisi lingkungan dan kemanusiaan. Inilah yang juga dilakukan oleh H&M dalam proyek terbaru bottle2fashion mereka.
 

Kerja kolaboratif H&M bersama Danone-AQUA di musim ini menghasilkan koleksi pakaian anak sehari-hari dengan mendaur ulang sampah-sampah botol plastik di Indonesia. Nellie Lindeborg, Assortment Sustainability Responsible H&M mengatakan, “Memberikan kehidupan kedua pada botol plastik sekali pakai menjadi poliester daur ulang sangat berharga dalam banyak hal—bagi nilai lingkungan, ekonomi, dan sosial Indonesia—tetapi juga dunia dan pelanggan kami.”


Melawan Pencemaran Laut

Dari manakah sampah-sampah botol ini didapat? Ratih Anggraeni, Senior Sustainable Packaging Manager, Danone Indonesia menjelaskan bahwa pihaknya berhasil mengumpulkan sekitar 71 ton botol PET dari Kepulauan Seribu (Pulau Seribu) dan di daerah Bandung. “Hal ini menunjukkan komitmen kami dalam mencegah plastik masuk ke laut, yang juga merupakan wujud dari gerakan #BijakBerplastik kami,” ujarnya.

Tak hanya itu, H&M juga menyebut bahwa, kolaborasi bottle2fashion ini juga sekaligus menciptakan lapangan kerja lokal dengan mengumpulkan botol PET, menyortir, membersihkan, merobeknya menjadi serpihan dan kemudian membuatnya menjadi serat poliester daur ulang.


Baju Nyaman Sehari-hari yang Ramah Lingkungan

Seluruh koleksi H&M bottle2fashion ini terbuat dari campuran poliester daur ulang, kapas organik, dan kapas daur ulang. “Untuk koleksi ini, kami ingin fokus pada pakaian yang benar-benar bisa dipakai anak-anak, ceria, nyaman, dan percaya diri, yaitu hoodies, celana jogger, dan beberapa atasan lengan panjang,” ucap Sofia Löfstedt, Head of Kidswear Design H&M.

Koleksi daily kids wear ini juga memiliki detail gaya seperti twist knot, color block, cropped length, dan tie-dye dengan tambahan palet hitam, abu-abu marl, cokelat, biru tua, merah muda, dan lavender ditambah hijau cerah, kuning bunga matahari dan biru cerah.

Mama dan Papa bisa mendapatkannya untuk si kecil mulai 7 Januri 2021 di gerai H&M.
 

Baca juga:

Stylish Kids Wear dari Plastik Daur Ulang

8 Cara Menerapkan Organic Parenting yang Ramah Lingkungan

Perilaku Ramah Lingkungan Berawal dari Keluarga

Cara Kenali Produk Ramah Lingkungan

Bahan Pangan Ramah Lingkungan

 

LELA LATIFA

FOTO: H&M

 

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

H&M Luncurkan Kids Daily Wear Berbahan Sampah Plastik di Indonesia