Ide Libur Akhir Pekan tanpa Gadget


Menikmati akhir pekan bersama keluarga mungkin adalah hal biasa bagi Anda. Tetapi, bagaimana jika kali ini Anda sekeluarga mencoba pergi ke suatu tempat, tapi dengan satu kondisi: sepanjang liburan, semua tidak boleh sibuk dengan gadget. Tidak perlu memotret dan mengunggahnya di media sosial, mengecek e-mail, chatting di Whatsapp, dll. Jadi, benar-benar weekend getaway. Pengalaman Arif Tirtosudiro, papa dari Khaira Malayka Nur (12) mungkin bisa jadi contoh.

“Kami berangkat sejak hari Jumat ke Bandung. Pada hari Sabtu kami naik ke Tangkuban Perahu, dan hari Minggu kami ke Lembang. Lalu, pulangnya kami memilih rute balik ke Jakarta tanpa lewat jalan tol seperti biasa, melainkan lewat Sadang,” ujar Arif menjelaskan perjalanannya. Sebelum berangkat, Arif dan istri sudah mewanti-wanti Khaira bahwa selama berlibur tidak perlu berfoto-foto menggunakan smartphone maupun gadget lain. “Kami sepakat bahwa tidak semua liburan harus direkam dengan memicingkan mata di balik kamera, atau disimpan dalam gadget. Justru sebenarnya kenangan paling indah itu, kalau kita benar-benar mengalami, melihat langsung, dan semua terekam dalam kepala kita,” ujar Arif lagi.

Apa saja yang dilakukan bisa dilakukan selama weekend getaway? Yang pasti, melakukan berbagai hal bersama-sama, baik dengan maupun tanpa rencana. Saat berada di Kawah Putih Gunung Tangkuban Perahu, Arif mengajak Khaira merebus telur di sumber air panas. Di De’ Ranch, Lembang, mereka ngobrol dengan pedagang kaktus untuk mengetahui banyak hal tentang tanaman tersebut. Di Pasar Apung, Lembang, mereka menikmati aneka makanan yang ada, beserta panorama yang tak biasa. “Intinya, Khaira memiliki tempat yang akan menjadi kenangan tersendiri seperti saat kita masih kecil dulu, di mana tempat kenangan itu teringat karena secara mental dan fisik kita terlibat di dalamnya. Ini
jauh lebih baik dibandingkan kita secara fisik di sana, tetapi sibuk foto-foto dan membagikan ke media sosial,” ujar Arif.

Tentu saja, ini semua bukan tanpa persiapan. Sebelum hari-H, Arif dan istri sudah membereskan pekerjaan agar tidak ada telepon-telepon dari kantor yang tidak penting sekali. Kendati demikian, bukan berarti mereka tidak mau diganggu sama sekali oleh orang lain. “Saat beraktivitas bersama, handphone kami silent, dan bila sudah ada waktu senggang, kami akan hubungi kembali orang tersebut. Yang penting, kami puasa membagikan pengalaman liburan di media sosial agar kenangan ini benar-benar menjadi milik kami sendiri,” ujar Arif.

Tip weekend gateway a la Arif: 
1. Rencanakan waktu dan tujuan weekend getaway, sehingga Anda dan pasangan bisa mengatur pekerjaan.
2. Tujuan tidak harus ke luar kota, bisa berupa perjalanan untuk makan di tempat yang unik, ke alam, beraktivitas bersama di rumah, sepanjang tidak menyalakan media sosial sama sekali.
3. Tanamkan prinsip menikmati waktu tanpa gadget kepada anak sebelum weekend getaway, agar ia tak merasa tengah dilarang menggunakan media sosial.
4. Tetap buat rencana yang fleksibel agar waktu weekend getaway tetap menyenangkan bagi orang tua dan anak.

Ide destinasi :
  • Wisata alam, seperti De’ Ranch, Lembang; Gunung Tangkuban Perahu; Agrowisata Batu, Malang.
  • Museum, seperti Art & Science Museum Singapura; Museum Anak Kolong, Yogyakarta; Museum Geologi, Bandung; Museum Angkut, Malang; dan lain-lain.
  • Wisata kuliner di sekitar lokasi liburan. Misalnya, Taman Indie Resto, Malang; Pondok Desa Kampung Telaga, Malang; De’ Tuik Garden Café and Resto, Cikutra, Bandung; Selasar Soenaryo Art Space, Bukit Pakar Timur, Bandung; Resto Apung Boyong Kalegan, Yogyakarta; Pondok Makan Pelem Golek, Sleman, Yogyakarta.
  • Wahana seru, seperti Jogja Bay, Desa Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta; Upside Down World Jogja, Sleman, Yogyakarta; Eco Green Park, Batu; Batu Night Spectacular.
Foto: 123rf

Baca juga : Jalan-jalan ke Museum dan Galeri 
 

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Ide Libur Akhir Pekan tanpa Gadget

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia