Keluarga Sibuk Tetap Perlu Power Breakfast

healthy breakfast, sarapan sehat untuk keluarga

Blue Band melalui Indonesian Women's Forum 2021 membuka kesadaran pentingnya power breakfast.
 
Di tengah keluarga sibuk, ide mencari sarapan bernutrisi menjadi hal yang tak mudah. Sarapan seharusnya tak cuma enak, tapi juga perlu bernutrisi bagi anggota keluarga untuk awali hari yang aktif.
 
Peran Penting Omega-3 dan Omega-6
 
Menurut paparan nutrisionis Leona Victoria BSc, MND, breakfast perlu dilakukan maksimum 1-2 jam setelah bangun pagi.
 
"Sarapan perlu memenuhi 15-30% kebutuhan gizi harian," ujarnya. Isinya, selain karbohidrat rendah indeks glikemik, juga perlu mengandung protein hewani dan nabati, serat, dan healthy fats (lemak sehat).
 
Polong-polongan, kacang-kacangan, dan biji-bijian perlu dilirik sebagai sumber protein nabati saat ini. Karenanya, yang tengah menjalani pola makan plant-based, mendalami jenis-jenisnya menjadi penting agar tidak mengalami kekurangan gizi.

sarapan sehat plant based
 
Dari sisi healthy fats, Omega-3 dan Omega-6 juga penting bagi anak, karena berpengaruh besar pada perkembangan otak. Pada masa inilah healthy fats/lemak baik dibutuhkan dalam jumlah cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan otaknya.
 
"Sumber Omega-3 antara lain ikan laut, nuts, seeds, minyak kanola. Sementara, Omega-6 bisa dari nuts, seed, avokad, kedelai, dan telur," sambung Victoria.
 
Baca juga: 5 Hal yang Perlu Ada di Sarapan Anak

Olesan Blue Band berfortifikasi di atas roti anak juga berkontribusi pada asupan Omega-3 dan Omega-6 serta 6 vitamin (A, B1, B2, D, E dan Niasin). Bekal pertumbuhannya!
 
“Memasak sarapan bernutrisi dan kreatif adalah ungkapan cinta tak terhingga. Anak bisa merasakan itu, dan menjalin bonding. Tentu, di luar sisi emosional, ada kesadaran untuk kesehatan jasmani anak. Anak jadi lebih mudah fokus dan menjaga mood,” ujar mom influencer Ari Irham di tengah acara, mewakili keinginan para busy moms.
 
Breakfast skippers dihadapkan risiko overweight. Maklum, jika perut 'kosong', anak cenderung over-eat dan mencari yang menggugah mereka, seperti roti-rotian dan gula. Profil trigliserida, kolestrol, dan insulin resistance mereka jadi tinggi.
 
Roti tawar, lontong sayur, mi instan, bubur ayam, dan nasi uduk sering kali menjadi menu lazim di keluarga Indonesia. Untuk ini, Victoria memberi sarannya:
 
1/ Pilih karbo yang berserat seperti whole grains, umbi, nasi merah, jagung.
2/ Tambah lean protein. Protein nabati biasanya lebih rendah lemak daripada protein hewani.
3/ Tambah serat: sayur, buah, legumes, nuts, seeds.
4/ Tambah kalsium, melalui dairy dan plant-based milk (berfortifikasi).

sarapan sehat dengan gizi seimbang.

Baca juga: Ajarkan Anak Buat Sarapan Sendiri
 
Berbagi ide, dua jagoan dapur Chrysansia Citra (Chef Chitra) dan Maureen Tjahyadji, menampilkan sarapan favorit di layar Zoom. Keduanya dari komunitas Wanita Wirausaha Femina.
 
Chef Chitra menunjukan sarapan kesukaannya, yakni Nasi Goreng Quinoa yang sarat sayuran dan plant-based. Cocok ditumis bersama Blue Band yang merupakan lemak nabati yang bebas dari trans-fat dan kolesterol.
 
Sementara Maureen curhat tentang tugasnya sebagai koki rumahan. Tiap malam, ia membayangkan menu sarapan, terutama untuk sang suami yang hobi nge-gym. Menunya panduan dari personal trainer!
 
Ia memasak oatmeal manis yang dibuat gurih dengan campuran margarin Blue Band. Pengiringnya, fluffy egg white omelette tinggi protein.
 
Kiat Hadirkan Blue Band pada Sajian
 
Ibu Wilya Suwito, Marketing Director Upfield (Blue Band) juga hadir di tengah talkshow. Program #21daysHealthyBreakfast tengah digaungkan sebagai ajakan menyajikan sarapan sehat bagi keluarga. Melakukannya selama 21 hari dapat membentuk kebiasaan baru, meminjam teori psikologi dr. Maxwell Maltz.
 
Blue Band adalah margarin pertama di Indonesia yang sedari awal mengandung Omega 3 dan Omega 6, bersumber dari kandungan minyak biji kanola, dilengkapi dengan 6 vitamin (A, B1, B2, B3, D, dan E).
 
“Kombinasi ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak-anak,” ucap Ibu Wilya.
 
Blue Band nikmat sebagai olesan pada roti tawar, apalagi dengan taburan meises Blue Band – Cokelat Compound Butir.
 
Blue Band juga cocok juga untuk menumis bumbu nasi goreng atau cincangan daging ayam untuk topping bubur pagi. Kandungan vitaminnya meyumbang nutrisi pada seporsi  sarapan. Atau, oleskan pada wajan omelette, pancake, atau french toast. Langsung jadi harum….
 
Kini, Blue Band juga punya variant Rice Mix rasa Ayam dan rasa bbq. Bisa diolah jadi nasi goreng sarapan yang enak dan masakan lainnya. Anak pasti suka!
 
Tak cuma hadir di tengah quality time sarapan, Blue Band juga bisa hadir di tengah aktivitas seru baking bareng anak, misalnya. Meracik kue kering atau cake memakai Blue Band-Cake and Cookies bikin cita rasa kue makin nikmat dan mengandung kebaikan nutrisi.
 
Tiada kata terlambat untuk ungkap kebaikan. Para ibu, yuk, membuka esok dengan sarapan enak dan bernutrisi!
 
Haus ide? Baca panduan resep berbahasa Inggris milik Blue Band di e-recipe "21 Healthy Breakfast Habits" dan ikut dalam gerakan global #21daysHealthyBreakfast milik Blue Band. (f)
 
Baca juga:
Anak Malas Sarapan? Ini Solusinya!
Bonding Keluarga Lewat Sarapan
4 Pilar Gizi Seimbang untuk Hidup Sehat


Foto: Shutterstock


Topic

#keluarga #kesehatan #gizikeluarga #blueband #IWF2021

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Keluarga Sibuk Tetap Perlu Power Breakfast