Mari Kita Detoks Dapur!

Seperti tubuh yang perlu dibersihkan dari aneka racun, dapur pun butuh detoks. Aksi Anda membersihkan dapur bisa menghindarkan keluarga dari gangguan yang disebabkan bakteri yang dapat disebarkan melalui peralatan dapur.

Menurut Dr. dr. Tri Yunis Miko Wahyono, M.Sc., peralatan yang tidak bersih bisa menjadi media penularan penyakit, seperti cacingan, tifus, diare, maupun hepatitis A.

Mari kita bersihkan peralatan dapur berikut:

1. Kulkas

Untuk noda membandel, campur bubuk soda kue dengan sedikit air untuk menghasilkan cairan kental. Oleskan cairan ini pada noda dan diamkan selama 1 jam sebelum mengelapnya menggunakan spons atau kain lembap. Bubuk soda kue membuat noda lebih mudah diseka bersih.

2. Dispenser

Periksa kebersihkan tangki air pada dispenser. Angkat galon, kemudian buang sisa air. Lalu, tuang cuka yang sudah tercampur air. Biarkan 10-15 menit untuk menghilangkan semua kotoran dan jamur. Setelah itu, keluarkan dan bilas dengan air bersih.

3. Microwave

Lap bersih dengan cairan sabun seluruh area bagian dalam microwave dari sisa cipratan makanan berkuah. Setelah dipakai dan dibersihkan, biarkan pintu microwave terbuka selama beberapa menit, agar aroma makanan tidak tertahan di dalam.

4. Lemari Dapur

Keluarkan semua barang dari lemari Anda, kemudian lap lemari dengan larutan cuka atau sabun pencuci piring. Keringkan lemari dengan handuk bersih, dan masukkan kembali semua barang.

5. Magic Jar

Pastikan bagian tepi dalam magic jar bebas butiran beras atau nasi, karena akan mengeras dan jadi sumber kuman. Buang air pada wadah uap air, cuci bersih agar bebas kotor dan lumut.

6. Rak Piring

Tiga hari sekali, angkat rak, turunkan isinya, dan lap sampai bersih dan kering agar tidak berjamur dan jadi sarang kuman.

7. Kompor

Lepaskan dudukan alat masak dari kompor, kemudian bersihkan kotoran dengan lap basah yang dicelupkan ke dalam air yang telah bercampur sabun pencuci piring. Sikat hingga bersih dan bilas. Bersihkan badan kompor dengan lap kering untuk membersihkan kotoran yang tebal, kemudian bersihkan dengan lap lembap yang telah diberi cuka atau sabun pencuci piring agar lemak dan sisa minyak terangkat.
 

(YENNY GLENNY)
FOTO: DOK. PIXABAY

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia