Penyakit Disebabkan Nyamuk

Ternyata, melalui gigitannya serangga bisa jadi perantara dari manusia atau hewan yang terinfeksi bakteri, virus, dan cacing dan membawanya ke dalam tubuh manusia yang lain. Itu sebabnya serangga disebut vektor.  Nyamuk adalah vektor yang paling terkenal. Berikut beberapa penyakit yang dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk:

1. Malaria, yang disebabkan sel parasit protoza Plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles betina.Parasit berkembang biak dalam hati menyerang sel-sel darah merah yang mengakibatkan siklus demam, menggigil, dan berkeringat disertai dengan anemia.

Malaria dapat menyebabkan kematian akibat kerusakan ke organ vital dan gangguan suplai darah ke otak. Di Indonesia terdapat 417.819 kasus positif malaria pada 2012 dan menurun pada 2013 menjadi 343.527 kasus, sebagian besar di daerah rawa, di daerah Indonesia Timur. Jika Mama ingin mengajak anak ke daerah wisata seperti Taman Nasional Komodo, mungkin Anda perlu menyiapkan perlindungan untuk menghindari malaria.
 
2. Demam berdarah dengue, akibat virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Sebagian besar penderita memang anak-anak. Biasanya penderita mengalami demam mendadak dan sakit kepala parah, kadang-kadang menghasilkan shock dan perdarahan yang menyebabkan kematian pada 5% kasus.

3. Chikungunya - disebabkan oleh virus dan ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti, nyamuk yang juga menularkan penyakit demam berdarah dengue. Gejalanya adalah demam tinggi, sakit perut, mual, muntah, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, serta bintik-bintik merah terutama di badan dan tangan, meski gejalanya mirip dengan demam berdarah dengue, pada chikungunya tidak terjadi perdarahan hebat, syok, maupun kematian. Virus chikungunya ini termasuk self limiting disease alias akan hilang dengan sendirinya. Namun, rasa nyeri akan tetap ada dalam hitungan minggu.

Di benua Afrika, serangga bisa menularkan lebih banyak penyakit, seperti African trypanosomiasis yang ditularkan lewat gigitan lalat Tsetse, demam Rift Valley, dan Demam kuning yang ditularkan lewat nyamuk. Memang serangga tidak bisa disepelekan.

Selalu waspada dan segera bawa si kecil ke dokter bila demam tinggi selama tiga hari berturut-turut, terdapat bintik-bintik merah di badan, mimisan atau perdarahan lain, muntah-muntah, tidak mau makan dan minum. Apalagi jika muncul tanda-tanda syok berupa jari tangan dan kaki teraba dingin, anak terlihat lemas. Gejala tersebut diatas tidak selalu semuanya timbul, oleh karena itu untuk memastikan diagnosis dokter akan menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan darah.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Penyakit Disebabkan Nyamuk