Perlu Diperhatikan Ini Saat Memasak



Tidak semua ART (Asisten Rumah-Tangga) datang dengan 'paket' lengkap: terampil urusan rumah tangga hingga jago memasak. Nah, urusan memasak ini yang juga kerap menjadi PR kita, ya, Ma. Karena, kalau dia bisa memasak untuk keluarga, Anda pasti jauh lebih tenang. Soal seleranya yang kurang cocok dengan Anda, itu bisa diatur, karena dasarnya sudah ada. Yang jadi masalah, kalau si Mbak tidak bisa memasak sama sekali. Tentu, Anda harus sabar mengajari dia. Selain teknik memasak, beberapa hal ini juga penting.

Higienitas
Ini wajib dia tahu. Misalnya, sebelum memasak, tangannya harus dicuci bersih, begitu juga peralatan yang akan digunakan. Pisahkan antara masakan matang dengan makanan mentah, begitu pula peralatan yang digunakan, untuk menghindari kontaminasi bakteri. Serbet tangan dan piring tidak boleh sama. Jangan lupa, selesai memasak, semua peralatan dapur langsung dicuci bersih dan ditata rapi, meja dapur dilap, lantai dipel, supaya tidak ada bekas-bekas bahan makanan yang lengket di kaki.

Penggunaan peralatan masak
Contohnya, cara mengoperasikan kompor dengan benar, sehingga apinya pas untuk setiap masakan dan peralatan masak yang digunakan.

Perawatan peralatan masak
Semua peralatan masak harus dalam kondisi bersih dan terawat. Ajari dia cara melakukannya sedetail mungkin. Katakan saja bahwa benda-benda yang terawat akan lebih awet dan tidak menimbulkan masalah.

Berikan panduan memasak yang benar
Beri contoh. Misalnya, di awal-awal, dia hanya membantu menyiapkan bahan-bahan, tetapi wajib melihat cara Anda memasak. Selanjutnya, Anda yang meracik semua bahan, termasuk bumbu, dia yang mengerjakan proses pemasakan. Jika Anda sudah yakin dia bisa, barulah Anda lepas sama sekali. Kalau dia sudah cukup jago, izinkan dia berimprovisasi. Siapa tahu, dia bisa membuat masakan berbeda yang lezat, lho. Sediakan juga buku-buku resep masakan sehari-hari yang mudah diikuti.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Perlu Diperhatikan Ini Saat Memasak

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia