Seni Interaktif untuk Anak di teamLab Future Park



Dari dinding luas yang merupakan layar sentuh raksasa di ruangan seluas 700 meter persegi itu, obyek-obyek atraktif, seperti burung, kupu-kupu, domba, gajah, anjing, lidah-lidah api, bermunculan begitu berbagai abjad Mesir kuno, hieroglif, dijamah. Sementara di sisi lain ruangan yang sengaja digelapkan seluruhnya tersebut, ada lantai berhiaskan segitiga, lingkaran, dan segiempat aneka warna, yang segera berganti bentuk begitu diinjak, akuarium virtual raksasa berisi sketsa makhluk-makhluk laut yang menjadi nyata dan berenang-renang, bola-bola lampu besar yang berubah warna dan suara begitu disentuh dan diayunkan. Di sudut berbeda, sebuah kota tengah dibangun, berisi kereta dan mobil yang berjalan sepanjang jalan yang diproyeksikan secara digital, dan rel kereta api virtual yang dihubungkan oleh balok kayu fisik. Semua futuristis, dinamis dan interaktif, membuat si kecil tak berhenti bergerak dan menjerit kegirangan.
 
Begitulah rupa area edukasi bermain bagi keluarga dan anak-anak teamLab Future Park, yang bertempat di Plaza Indonesia, Jakarta. Hadir untuk pertama kali di Indonesia, Future Park memang mengusung konsep kombinasi antara kreativitas, teknologi, dan seni. Hingga 8 Oktober mendatang, anak-anak mulai dari usia balita, maupun dewasa, bisa menikmati – dan turut berkreasi menciptakan karya seni – di 7 area yang menggunakan aplikasi berteknologi tinggi, dengan nama-nama menarik, antara lain Hopscotch for Geniuses, Connecting! Block Town, Light Ball Orchestra, Story of the Time When Gods were Everywhere.
 
"TeamLab Future Park adalah sebuah art exhibition dan future park untuk anak-anak dan orang dewasa yang ingin berinteraksi dengan teknologi dan menciptakan karya seni melalui pengalaman yang mengesankan," kata Akitae Matumoto, CEO teamLab Kids. "Lewat wahana ini, pengunjung, terutama anak-anak, diajak berpikir kreatif dan kolaboratif dengan cara belajar, berinteraksi, dan berbagi pengalaman dengan orang lain."
 
Tak hanya itu, berbagai kemampuan atau skill anak pun bisa diasah lewat aktivitas-aktivitas di Future Park. Misalnya, kemampuan menyelesaikan masalah dan kesadaran spasial saat anak mengubah dan merakit gambar mobil 2 dimensi menjadi 3 dimensi, kemampuan berpikir logis dan pengenalan pola ketika ia menghubungkan balok-balok untuk memunculkan rel kereta, jalan atau aliran sungai. Seru!
 
Satu tip untuk Anda yang ingin mengajak si kecil ke Future Park: Jangan lepaskan pandangan Anda dari si kecil, karena ia bisa dengan mudah hilang di tengah suasana yang remang-remang dan ramai. (Imelda Suryaningsih)
 
teamLab Future Park
The Warehouse, Level 5, Plaza Indonesia
Jl. M.H. Thamrin, Jakarta
Jam operasi: Setiap hari, pukul 10.00 – 22.00
Harga tiket: Rp120.000/orang dan Rp100.000/anak (Senin-Jumat); Rp150.000/orang dan Rp120.000/anak (Sabtu-Minggu) 

Foto IS

Baca juga: 3 Tempat Bermain Seluncur untuk Anak

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Seni Interaktif untuk Anak di teamLab Future Park