Stylish Kids Wear dari Plastik Daur Ulang




Coba Anda bayangkan, bagaimana botol air minum kemasan Anda bisa berubah menjadi pakaian yang nyaman? Mungkinkah itu terjadi? Iya, mungkin sekali! Plastik-plastik itu didaur ulang sedemikian rupa, mulai dari dicacah kecil-kecil, diubah menjadi bijih plastik, lalu menjadi serat polyester yang siap digunakan sebagai bahan pakaian. Agar lebih nyaman, serat polyester tidak berdiri sendiri, tetapi dicampur dengan serat katun, lalu diolah menjadi lembaran kain. Ini adalah salah satu solusi mendaur ulang sampah plastik menjadi sesuatu yang berdaya guna dan pakai yang cukup tinggi.
 
Nah, ide ini diwujudkan oleh H&M Indonesia dan Danone Aqua, dimulai sejak tahun 2017, dengan mengusung inisiatif #Bottle2Fashion dan kampanye global Cleaning-Up for The Future. Awalnya, mereka hanya memproduksi kaus kaki dan sarung tangan anak-anak. Seluruh proses produksi, dari pengumpulan sampah plastik di salah satu pulau di Kepulauan Seribu, pengolahan menjadi bijih plastik hingga menjadi kain polyester-katun organik, dan pembuatan produk pakaian, dilakukan di Indonesia. Di tahun ini, penggunaan bahan perpaduan serat polyester dari plastik bekas dan katun organik untuk koleksi pakaian anak-anak menjadi lebih banyak lagi, di antaranya jaket hoodie anak-anak yang warna-warni, lembut, dan nyaman.  
 
Koleksi tersebut diluncurkan pada 20 Agustus 2020 lalu, di bulan ulang tahun Indonesia. “Ini merupakan kado istimewa untuk Indonesia. Koleksi pakaian anak-anak berbahan dasar hasil daur ulang botol plastik bekas ini juga merupakan upaya mencapai ambisi H&M untuk 100 persen menggunakan material daur ulang dan berkelanjutan pada tahun 2030,” kata Communications Manager, H&M Indonesia, Karina Soegarda.
 
Koleksi pakaian daur ulang sudah dipasarkan di situs dan gerai penjualan H&M yang tersebar di seluruh dunia, termasuk di Eropa, Amerika Serikat, Asia, Afrika, dan negara-negara di Oseania. Kampanye global ini bertujuan untuk mengedukasi konsumen, termasuk anak-anak, untuk mulai peduli terhadap isu sampah plastik di lautan dan turut serta menjaga kebersihan lingkungan demi masa depan yang berkelanjutan. Di Indonesia, koleksi ini tersedia di ID.HM.COM, juga di 12 toko H&M yang tersebar di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Bali.
 
grc
foto: dok. H&M Indonesia

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Stylish Kids Wear dari Plastik Daur Ulang