Tahun Baru, Rumah Rapi. Ajak Anak Ikut Mengerjakan Pekerjaan Rumah!



 

Walaupun masih pandemi, semangat menyambut Tahun Baru jangan sampai padam. Dan jangan biarkan Tahun Baru datang dengan “biasa-biasa” saja. Bisa dimulai dengan beres-beres rumah. Mengapa beres-beres rumah menjadi penting? Elizabeth Scott MS., Wellness Coach Spesialis Manajemen Stres dari The American Institute of Stress mengatakan, banyak orang kewalahan tinggal di rumah yang berantakan. “Rumah yang berantakan memperlihatkan kekacauan visual, seperti tumpukan buku atau tumpukan pakaian di mana-mana. Ini dapat memicu bagian otak yang berkaitan dengan stres. Kekacauan dapat membawa perasaan gelisah dan secara harfiah dapat menguras energi Anda,” ujarnya.
 

Mumpung anak-anak sudah libur, mari ajak mereka membantu Anda. Tidak perlu ragu karena mengerjakan pekerjaan rumah banyak manfaatnya. Menurut Donna Matthews, Ph.D., Psikolog Anak dan Keluarga dan Penulis buku Beyond Inteligence: Secrets for Raising Happily Productive Kids, anak-anak—bahkan mulai usia 2 tahun—sudah bisa dilibatkan dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Anak-anak yang terbiasa melakukan pekerjaan rumah, akan mendapatkan manfaat yang luar biasa, seperti:

 

1. Kompetensi, belajar practical life skills.

2. Tanggung jawab.

3. Self esteem, merasa diri mereka lebih baik ketika mereka berkontribusi pada kelancaran fungsi keluarga mereka.

4. Percaya diri.

5. Kebahagiaan. Lebih bahagia karena menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga.
6. Empati, ketika melihat orang lain melakukan pekerjaan yang berat.

7. Bonding yang kuat.

8. Disiplin.

9. Kemandirian.

10. Kesuksesan, karena tumbuh dengan kondisi psikologis yang stabil dan memiliki karier yang sukses, hubungan yang lebih baik dengan teman dan keluarga.

 

Saat mengajarkan anak melakukan pekerjaan di rumah, Anda pastinya butuh kesabaran dan konsistensi, apalagi bila anak masih kecil. “Bersabarlah dengan anak-anak, dan berikan petunjuk dua atau tiga langkah singkat dan sederhana,” nasihat Carol Paul, Penulis Buku The Ultimate Family Clean Up The House Formula.
 

Apa saja pekerjaan di rumah yang bisa Anda ajarkan kepada anak menurut Carol?
 

1. Membersihkan lantai dengan vacuum cleaner ringan atau sapu beserta pengki kecilnya. Anak usia 2-3 tahun sudah bisa melakukan kegiatan ini.

2. Mengepel lantai. Pilih alat mengepel yang mudah digunakan untuk anak. Ajari cara membilasnya agar kebersihan anak tetap terjaga.

3. Membuang sampah dan mengganti plastiknya. Siapkan plastik yang akan digunakan. Ajarkan dan bantu anak memilah sampah berdasarkan jenisnya dan memasukkannya ke wadah yang Anda sediakan. Aktivitas ini mengenalkan mereka cara memilah sampah dengan benar sejak dini.

4. Membersihkan kamar mandi. Karena masih kecil, ambil alih pekerjaan memberi cairan pembersih karena cairan ini tidak aman untuk anak-anak. Tugas anak hanya menyemprot-nyemprotkan air. Tunjukkan cara menyemprot ke lantai, wastafel, cermin, dan area lain, kemudian menyikatnya. Jika anak Anda lebih dari satu orang, lakukan pembagian tugas.

5. Mengelap benda-benda di rumah. Ambil lap kecil dan ajari anak untuk membersihkan barang-barang yang ada di rumah, seperti detail ukiran pegangan kursi, mengelap meja ruang tamu, vas bunga, atau pigura.

6. Membersihkan debu dengan kemoceng. Alat ini pasti menjadi favorit anak. Ajarkan anak membersihkan rak, jendela, cermin, dan pigura secara perlahan dan aman agar tidak pecah.

7. Membantu mencuci baju. Libatkan anak menyortir pakaian sesuai warna. Tunjukkan cara mengoperasikan mesin cuci, pengering, penggunaan sabun cuci dan pelembut pakaian. Untuk anak lebih kecil, Anda yang melakukan bagian menuangkan sabun cuci dan pelembut pakaian, anak hanya melihat caranya saja.

8. Mengisi ulang barang persediaan yang telah habis (tisu toilet, dispenser sabun, air di vas bunga).

9. Merapikan dan menyortir mainan. Berikan box atau tempat khusus sebagai wadah menyortir mainannya. Bedakan tiap box untuk isi yang berbeda, seperti box mobil kecil, boneka kecil, lego, puzzle, dan lainnya. Jangan lupa tempelkan stiker agar mudah ditemukan.

10. Melipat baju sendiri. Tunjukkan bagaimana step by step melipat berdasarkan ukuran dan jenisnya, beserta cara menyimpannya di lemari pakaian. Cara mengambil pakaian yang sudah terlipat rapi, juga perlu Anda tunjukkan, agar lemari selalu rapi.

 

Saat beraktivitas membersihkan rumah, tak disadari badan mengeluarkan keringat dan terkadang mengganggu kenyamanan. Namun SoKlin Softener Complete Care siap menjaga kesegaran dan kenyamanan pakaian keluarga. Dengan Fast Dry Technology, pakaian jadi lebih cepat kering. Formula anti baunya membuat pakaian bebas bau dan tetap wangi.

 

 

Baca juga:

10 Manfaat Melibatkan Balita Melakukan Pekerjaan Rumah

Anak Ingin Membantu Pekerjaan Anda? Ini Yang Harus Anda Lakukan!

Latih Anak Membantu Pekerjaan Rumah dengan 10 Tugas Sederhana Ini

Anak Membantu Pekerjaan Rumah, Jangan Dilarang

Tetap Seru Rayakan Tahun Baru di Tengah Pandemi

 

Foto: Shutterstock

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Tahun Baru, Rumah Rapi. Ajak Anak Ikut Mengerjakan Pekerjaan Rumah!