THR Dipakai Apa Saja? Ini 6 Cara Mengoptimalkan Manfaatnya

bagaimana mengatur uang THR


Minggu-minggu menjelang Lebaran adalah saat pengeluaran keluarga Anda sedang banyak-banyaknya. Bagaimana tidak, Anda perlu membeli kue Lebaran untuk mengisi meja tamu, baju Lebaran untuk sekeluarga, sejumlah parsel untuk kerabat, atau pengeluaran untuk THR ART dan baby sitter serta ongkos mudik yang tak kecil.
 
Begitu uang tunjangan hari raya (THR) cair, Anda bisa saja dengan mudah berpikir bahwa semua masalah keuangan Lebaran Anda bisa diselesaikan. Namun, menggunakan uang THR untuk menutup semua keperluan itu tentu bukan keputusan keuangan yang bijak. Tentu, Anda bisa saja dengan mudah menghabiskan uang THR tanpa sempat menyimpannya sepeser pun.
 
Nah, agar tidak terjerat dalam pemanfaatan uang THR yang buruk, Anda bisa mencoba tip dari Dave Ramsey, seorang pakar finansial dan penulis beberapa buku, salah satunya The Total Money Makeover dalam memanfaatkan uang bonus, dalam hal ini THR Anda agar manfaatnya lebih optimal.
 
Untuk Dibelanjakan
Siapa bilang untuk mengoptimalkan manfaat THR maka Anda tidak boleh menggunakannya? Sah-sah saja bila Anda ingin membelanjakannya. Namun, perlu diperhatikan pos-pos apa saja yang memenuhi kriteria pembelanjaan uang THR agar manfaatnya tetap optimal.
 
Anda bisa membelanjakan uang THR Anda untuk:

1. Menghentikan Utang
Ini tentu bukan pembelanjaan yang menghasilkan kepuasan. Tidak ada nikmatnya belanja yang akan Anda dapatkan di sini. Tapi, ini adalah salah satu cara yang paling cerdas untuk mengoptimalkan manfaat uang THR Anda. Gunakan penghasilan tambahan ini untuk menghilangkan utang Anda lebih cepat.
 
Baca juga: 7 Tip Keuangan Bebas Utang
 

2. Beli Emas/Saham
Sering kali, nih, THR menuntut kita untuk segera memasuki pusat perbelanjaan untuk ganti gadget baru atau membeli barang bermerek. Padahal, kalau dipikir-pikir dengan bijak, sebetulnya kebutuhan tersebut tidak darurat.
 
Ada baiknya Anda membelanjakan uang THR untuk membeli emas atau saham. Kedua hal ini memang menyedot uang THR Anda, tapi bisa menghasilkan keuntungan kembali. Sebaiknya, rencanakan baik-baik pembelian emas dan saham agar sesuai dengan apa yang Anda harapkan.
 

3. Ikut Kursus Pengembangan Diri
Anda bisa membelanjakan uang THR Anda untuk mengikuti kursus pengembangan diri yang membantu Anda menghasilkan uang lebih. Anda dapat mengikuti kursus seperti digital marketing, search engine optimization (SEO), yoga, atau membuat kerajinan dan lainnya. Atau, Anda bisa coba memelajari 9 Calon Pekerjaan Menarik untuk Anda yang Ingin Mengaktualisasi Diri
 
Ini adalah salah satu sarana mengembangkan kapasitas Anda tanpa harus mengganggu keuangan keluarga bulanan. Ketika kapasitas Anda sudah mumpuni, Anda bisa menggunakan kemampuan tersebut untuk mencari uang.
 
Anda mungkin tidak dapat serta-merta mengklaim bahwa dengan membelanjakan uang THR ke sini maka Anda akan ‘balik modal’. Minimal, uang ini tidak terbuang sia-sia dan bisa jadi investasi pendidikan Anda untuk  menghasilkan uang.
 
Baca juga: 6 Tip Mewujudkan Cita-cita Anda Menjadi Mompreneur
 
Untuk Disimpan
Mendengar kata ‘simpan’, Anda mungkin sudah bisa membayangkan bahwa Anda tidak boleh menyentuh uang THR Anda. Selama pemasukan bulanan Anda cukup untuk memenuhi biaya Lebaran, maka Anda bisa memilih beberapa cara menguntungkan yang bisa Anda dapatkan dari manfaat uang THR Anda berikut:
 

1. Gandakan Uang Pensiun
Anda dapat menggunakan uang THR untuk tabungan pensiun Anda. Anda bisa menentukan jangka waktu tabungan lalu dikalikan dengan jumlah uang THR Anda. Bila Anda melakukan rutin setiap tahun, dana pensiun Anda di luar pemberian perusahaan akan terjamin. Ini adalah salah satu hal yang sangat penting dalam Manajemen Keuangan untuk Sandwich Generation
 

2. Meningkatkan Dana Darurat
Idealnya Anda harus memiliki dana darurat yang besarnya adalah enam kali gaji bulanan. Untuk menabung hingga jumlah tersbeut tentu tidak mudah. Oleh karenanya, bila Anda mendapatkan uang THR, tak ada salahnya untuk segera memasukkannya ke dalam pos dana darurat. Sehingga, bila suatu hari terjadi hal yang tidak diharapkan, Anda tentu sudah siap.
 

3. Tabungan Pendidikan
Biaya pendidikan tidaklah murah. Ditambah lagi dengan inflasi, harga yang harus dibayar untuk sekolah anak tentu jadi lebih tinggi. Nah, Anda bisa mengalokasikan uang THR Anda untuk tabungan pendidikan. Tentukan jangka waktu tabungannya. Baca di sini untuk membaca lebih banyak mengenai persiapan dana pendidikan anak.
 
Nah, jadi yang mana pilihan Anda, Ma dan Pa?
 
Baca juga:
Cara Siapkan Dana Pensiun dari Sekarang
Beban Keuangan Generasi Sandwich, Ini 5 Langkah Menghadapinya
4 Resolusi Keuangan yang Akan Menyelamatkan Keluarga Anda
3 Prinsip Penting Mengelola Keuangan Keluarga
5 Prioritas Penting yang Harus Ada di Perencanaan Keuangan Papa
6 Cara Mengelola Keuangan Saat Pasangan Berhenti Bekerja
 
 
LTF
FOTO: SHUTTERSTOCK

 


Topic

#keluarga #keuangan

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

THR Dipakai Apa Saja? Ini 6 Cara Mengoptimalkan Manfaatnya