4 Kesalahan Asupan di Pagi Hari


 

Apa yang Anda makan dan minum di pagi hari menentukan bagaimana Anda dapat menjalani hari Anda. Tanpa Anda sadari bahwa masalah seperti perasaan lemas, lesu, pusing, atau kesulitan untuk fokus sebetulnya adalah sinyal yang ditampakkan tubuh karena Anda salah memasukkan asupan ke tubuh di pagi hari.
 
Apa saja kesalahan yang mungkin Anda lakukan dan apa dampaknya?
 
1. Melewatkan Sarapan
Segudang aktivitas seperti harus menyiapkan seragam sekolah si kecil dan baju suami, mengantar anak ke sekolah, serta kemacetan menuju ke kantor membuat Anda memiliki waktu yang sangat terbatas untuk sarapan. Oleh karenanya, Anda mungkin berpikir untuk melewatkannya saja. Ini adalah kesalahan yang dapat memengaruhi Anda sepanjang hari.
 
Sarah Garone, N.D.T.R., registered nutrition and dietetic technician sekaligus penulis A Love Letter for Food, mengatakan bahwa melewatkan makan pertama dapat memengaruhi energi dan kemampuan Anda secara negatif untuk fokus sepanjang hari. “Makanan adalah bahan bakar. Berikan tubuh Anda kalori untuk mulai beraksi di awal hari,” ujarnya.
 
Sarah mengatakan bahwa membuat pilihan menu yang tepat akan sangat penting untuk pagi Anda. Kombinasikan protein tanpa lemak, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan rendah gula untuk meminimalisir risiko kelelahan.
 
2. Tidak Minum Air
Beberapa orang kerap mengabaikan konsumsi air. Padahal, mengonsumsi air saat bangun tidur di pagi hari adalah hal yang sangat penting. Segelas air dapat mengganti cairan yang hilang selama tidur dan mencegah dehidrasi. Sebuah penelitian dari Human Performance Laboratory, University of Connecticut, AS, menunjukkan bahwa air dapat menghindarkan dari gejala dehidrasi ringan seperti kelelahan, penurunan kemampuan kognitif, gangguan suasana hati, serta perasaan kantuk.
 
3, Minum Kopi
Siapa yang suka minum kopi di pagi hari? Kopi rasanya memang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Di beberapa daerah pedesaan, kopi bahkan dikonsumsi sebelum memulai aktivitas. Alasannya untuk menghangatkan diri dan menangkal kantuk selama bekerja.
 
Akan tetapi, Anda sebaiknya mengurangi minum kopi di pagi hari. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Department of Psychiatry and Behavioral Neurosciences, Los Angeles, California, AS, menunjukkan bahwa meminum terlalu banyak kafein di pagi hari dapat secara tidak langsung berkontribusi terhadap peningkatan kelelahan di kemudian waktu.
 
4. Konsumsi Gula
Apa yang Anda makan di pagi hari sangat menentukan kualitas tubuh dan pikiran Anda sepanjang hari. Judith Marcin, M.D., family physician dari University of Illinois, Chicago, AS, mengatakan bahwa mengonsumsi terlalu banyak gula di pagi hari seperti roti manis, sereal manis, atau wafel dengan terlalu banyak selai bergula akan menyebabkan lonjakan gula darah. Ini dapat membuat Anda merasa kelelahan.
 
Sebaiknya periksa label nutrisi bila Anda mengonsumsi sarapan siap saji untuk mengetahui jumlah kandungan gulanya. Selain itu, akan lebih baik bila Anda memakan buah seperti apel, mangga, atau pisang yang padat kalori dan memiliki kandungan gula alami.
 
 
Baca juga:
Kenapa Sarapan Penting?
5 Tipe Sarapan Mama Setelah Punya Anak
8 Ide Sarapan dari Berbagai Negara
Buat Sarapan Lebih Menyenangkan
Berapa Banyak Air Putih Yang Harus Kita Minum Setiap Hari?
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: UNSPLASH
 

 
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

4 Kesalahan Asupan di Pagi Hari

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia