5 Bahan untuk Membuat Kopi Anda Lebih Sehat


 

Siapa yang tidak bisa melewatkan hari tanpa minum kopi? Kopi memang memiliki kandungan yang dapat meningkatkan hormon serotonin. Pelepasan hormon serotonin dapat membuat mood meningkat lebih baik dan memiliki efek menenangkan.
 
Nah, agar kopi yang Anda minum tiap hari lebih sehat, Anda bisa menambahkan beberapa bahan berikut ke dalam cangkir Anda:
 
1. Kayu Manis
Kayu manis akan menambah wangi di kopi Anda. Kayu manis juga dapat mengurangi peradangan di tubuh dan dapat menstabilkan gula darah sekaligus menjaga kesehatan jantung.
 
2. Cokelat Hitam
Untuk pencinta moka, menambahkan cokelat ke dalam kopi adalah suatu kewajiban. Menambahkan kakao murni tanpa pemanis dan cokelat hitam punya manfaat kesehatan seperti menyeimbangkan kolestrol dan mencegah kanker.
 
3. Susu Almond
Bila Anda ingin menikmati secangkir kopi susu, susu almond adalah rekomendasi yang tepat untuk dicampurkan. Sebab, susu almond memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan susu murni. Bila Anda meminum secangkir kopi dengan susu murni, kalorinya bisa mencapai 180 kal. Akan tetapi, secangkir kopi susu almond memiliki kandungan kalori yang tidak lebih dari 100 kal.
 
4. Santan
Tergoda untuk memasukkan creamer ke dalam kopi? Creamer mengandung gula yang tinggi dan tidak sehat untuk tubuh Anda. Anda bisa menggantinya dengan santan untuk rasa lebih gurih.
 
5. Madu
Menikmati kopi hitam tanpa gula sebetulnya lebih baik. Terlalu banyak konsumsi gula membawa dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Akan tetapi, bila Anda ingin mengurangi sensasi terlalu pahit atau asam pada kopi Anda, tambahkan madu ke dalamnya.
 
Tip
Untuk meminimalisir efek samping kopi seperti perasaan cemas, sakit perut atau kembung, dan jantung berdebar, Anda bisa melakukan ini:

  • Tidak minum kopi di malam hari

Kafein menjadi stimulan yang memberi energi dan membantu Anda tetap terjaga saat Anda merasa lelah. Minum kopi di malam hari dapat mengganggu tidur Anda. Kekurangan tidur dapat berpengaruh pada masalah kesehatan.

  • Tidak lebih dari dua cangkir

Health Canada merekomendasikan agar Anda tidak mengonsumsi kopi lebih dari dua porsi sehari.

  • Tidak minum dalam keadaan perut kosong

Hal ini dapat menyebabkan berbagai risiko seperti peningkatan asam lambung dan meningkatnya kecemasan.
 
Baca juga:
Kopi Turunkan Kolesterol
Usia Berapa Anak Boleh Minum Kopi?
Resto : Aroma Cokelat dan Kopi di Kakolait
Benarkah Kopi Bisa Cegah Anak Kejang?
Jenis & Khasiat Madu
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

5 Bahan untuk Membuat Kopi Anda Lebih Sehat

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia