Olah Makanan Sisa Buka Puasa Ini Jadi Menu Sahur Praktis



Kini tidak perlu ada alasan tidak makan sahur karena telat bangun. Dilansir dari www.ayahbunda.co.id, Anda bisa memanfaatkan masakan sisa buka puasa berikut ini untuk dibuat jadi masakan baru untuk sahur.
 
Capcay
Olah jadi: Sup Krim.
Anda cukup menghaluskan capcay menggunakan food processor, lalu tambahkan bawang merah, thyme kering, bay leaf, krim kental, kaldu ayam, dan tepung maizena. Jangan ragu menggunakan bumbu-bumbu favorit Anda, atau tambahan protein, seperti sosis. Membuat krim sup ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 20 menit.
 
Ayam Panggang
Olah jadi: Sandwich Isi Ayam 
Yang Anda butuhkan hanya roti tawar, telur mata sapi, selada air, tomat merah, dan bumbu-bumbu untuk menumis ayam panggang. Anda bisa menggunakan bawang putih, bawang bombay, dan madu untuk menumis ayam panggang. Lalu, Anda tinggal susun tumisan ayam panggang, telur mata sapi, selada air, dan tomat merah. Waktu yang Anda butuhkan untuk menyiapkan sandwich isi ayam kira-kira 15 menit saja. 
 
Sayur Sup
Olah jadi: Omelet Sayuran
Sayur sup yang Anda buat tentu terdiri dari aneka macam sayur dan protein. Sayang sekali kalau dibuang. Tiriskan saja airnya, masukkan ke kocokan telur ayam. Ditambah dengan smoked beef dan keju cheddar parut, wah, lezat! Waktu yang Anda butuhkan sangat singkat, tidak lebih dari 10 menit.
 
Ayam Goreng, Empal, Tumis Cumi
Olah jadi: Nasi Goreng
Meski nasi goreng dianggap menu sederhana, tapi kerap dinanti untuk dijadikan menu sahur keluarga. Gunakan sisa tumisan (jangan lupa untuk suir-suir ayam, daging empal, atau cumi) untuk bahan dasar nasi goreng, lalu Anda bisa tambahkan sayur, seperti brokoli, kacang polong, atau wortel, di dalamnya. Dihidangkan di dalam telur dadar akan lebih menarik, lho. Menu sahur juga perlu disajikan menarik untuk menggugah selera makan. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak nasi goreng adalah 20-30 menit.
 
Sayur Sawi
Olah jadi: Kwetiau Tumisan Sayur
Yang Anda butuhkan hanya kwetiau basah yang sudah disiram air panas, telur, dan bumbu-bumbu sederhana. Tumis kembali sisa sayur sawi dengan bawang bombay dan bawang putih, tambahkahkan orak-arik telur. Lalu, siram tumisan di atas kwetiau. Hmmm...yummy! Waktu yang Anda butuhkan 15-20 menit saja.


Baca juga: Pola Makan Tepat Saat Puasa

Foto: Fotosearch
 


 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Olah Makanan Sisa Buka Puasa Ini Jadi Menu Sahur Praktis

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia