8 Tip Masak Daging Kambing agar Tidak Bau dan Empuk





Mengolah daging kambing memang lebih menantang daripada daging sapi, sebab bau khasnya yang prengus serta dagingnya yang lebih alot. Sehingga, tidak sedikit orang yang enggan mengolah daging kambing. Padahal, bila tahu cara mengolahnya, daging kambing ini bisa dijadikan menu spesial untuk keluarga.
 
Bagaimana cara mengolah daging kambing yang tepat sehingga tidak bau dan jadi empuk agar Anda jadi chef yang jago di rumah?
 
1. Trimming Lemaknya 
Bila Anda membeli daging kambing di pasar atau supermarket, Anda memang bisa memilih bagian mana yang Anda inginkan. Akan tetapi, hal tersebut belum tentu berlaku bila Anda menerima daging kambing kurban. Bisa jadi, daging yang Anda terima memiliki banyak lemak. Aroma khas yang prengus tersebut berasal dari lemak daging kambing.
 
Oleh karenanya, langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mengolah daging kambing adalah dengan melakukan trimming, yakni membuang bagian lemaknya. Gunakan pisau yang tajam dan tipis. Agar lebih mudah, Anda bisa memasukkan daging ke dalam freezer dulu agar lapisan lemak membeku. Dengan demikian, lemak akan lebih mudah diiris untuk dibuang.
 

2. Jangan Pernah Cuci Daging Kambing
Untuk membersihkan daging kambing, jangan pernah mencucinya seperti Anda membersihkan daging lainnya. Anda perlu menyiapkan panci berisi air mendidih. Rebus sebentar daging kambing untuk meluruhkan kotorannya. Tiriskan dan buang air rebusan.
 

3. Lumuri dengan Air Jeruk Nipis
Untuk menghilangkan bau prengus, Anda bisa melumuri daging kambing dengan air jeruk nipis. Lakukan ini kurang lebih 30 menit sebelum daging diolah.
 

4. Baluri dengan Rempah
Potong-potong daging kambing sesuai selera, lalu baluri atau marinasi dengan rempah untuk mengempukkan daging. Anda bisa menggunakan bumbu beraroma kuat seperti bawang putih atau ketumbar bubuk yang bisa meminimalkan bau khas daging kambing. Lakukan ini selama 24 jam.
 

5. Taburi Garam
Saat memarinasi daging kambing, tambahkan taburan garam sampai merata. Hal ini bisa membantu untuk mengoptimalkan proses pengempukan daging.
 

6. Rendam dengan Nanas Parut
Parut nanas dan gunakan untuk merendam daging kambing. Nanas parut yang mengandung enzim bromelain dapat membantu membuat daging lebih lunak. Lakukan ini cukup 5-10 menit saja. Jangan dilakukan terlalu lama agar tekstur daging tidak hancur.
 

7. Bungkus dengan Daun Pepaya 
Remas-remas daun pepaya dan gunakan untuk membungkus daging kambing selama satu sampai dua jam. Kandungan enzim papain yang terdapat pada daun papaya dapat mengempukkan daging.
 

8. Rendam dengan Air Kelapa
Air kelapa punya dua manfaat sekaligus, baik untuk mengempukkan maupun mengurangi bau prengus dagingnya. Cukup lakukan sekitar tiga puluh menit saja.
 
Nah, bagaimana? Sudah siap masak daging kambing? Apa, nih, menunya?
 
Bila Anda memiliki stok daging yang cukup melimpah dan tidak bisa termasak semuanya sekaligus, pastikan Anda menyimpannya dengan tepat ya. Cara berikut bisa Anda coba Tip Membersihkan dan Menyimpan Daging Kurban.
 
Baca juga:
Resep: Bistik Bola Daging Saus Jamur
2 Cara Agar Anak Mau Makan Daging
Sate Daging Ala Solo
Manfaat Daging Bagi Anak
 
LTF
FOTO: FREEPIK                          

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

8 Tip Masak Daging Kambing agar Tidak Bau dan Empuk