Perbedaan Tepung Terigu Protein Rendah, Sedang, dan Tinggi


 

Salah satu ciri khas Lebaran adalah disuguhkannya berbagai kue kering di dalam stoples yang tersaji cantik di atas meja ruang tamu Nenek dan Kakek. Biasanya, dalam sekejap saja, nastar, kastangel, putri salju, sagu keju, atau kue semprit ini akan habis. Tak ketinggalan si legendaris kue bolu pun juga tersikat habis.
 
Berhubung Lebaran kali ini keluarga Anda tak pergi ke rumah mereka, maka Anda bisa membuatnya sendiri. Nah, mungkin salah satu dilema bagi ibu newbie atau pemula dalam membuat kue adalah kata-kata protein rendah, sedang, dan tinggi yang tertera di resep.
 
Jangan sampai salah, ya, Ma. Sebab, masing-masing tepung ini akan menghasilkan tekstur yang berbeda-beda.
 
Tepung Terigu Protein Rendah
Tepung terigu ini mengandung protein yang umumnya di bawah 11%. Kandungan proteinnya yang rendah membuat tepung ini juga rendah gluten sehingga teksturnya lebih kering.
 
Oleh karenanya tepung terigu rendah protein sangat cocok untuk membuat kue kering atau biskuit karena akan menghasilkan tesktur yang renyah dan ringan. Beberapa resep yang cocok menggunakan tepung terigu protein rendah ini antara lain: kue kering, biskuit, crepes.
 
Tepung Terigu Protein Sedang
Tepung terigu jenis ini memiliki kandungan protein berkisar antara 11-13%. Tepung jenis ini dikenal juga dengan sebutan tepung serbaguna lantaran penggunaannya yang bisa untuk segala jenis masakan.
 
Tepung ini biasa digunakan untuk membuat cake, waffle, pancake, risoles, atau adonan martabak. Namun, ada juga beberapa kue kering yang menggunakan tepung jenis ini agar kuenya tidak mudah hancur saat matang seperti nastar atau kastangel.
 
Tepung Terigu Protein Tinggi
Jenis tepung ini memiliki kandungan protein tertinggi, yakni antara 13%-14%. Kandungan protein ini menghasilkan kandungan gluten yang lebih banyak sehingga menghasilkan tesktur yang kenyal dan elastis. Nah, tepung jenis ini cocok untuk dijadikan adonan donat, berbagai macam roti, atau mi.
 
Jadi, agar hasilnya tepat sesuai dengan resep, jangan sampai salah pilih tepung terigu ya, Ma!
 

Baca juga:
Anak Perlu Konsumsi 4 Sumber Protein Nabati Terbaik IniVariasi Mie Non-Terigu
10 Resep Kue Sajian Natal dan Tahun Baru
Resep: Kue Pisang Mas
Resep: Kue Sentiling
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: UNSPALSH


 


 
 

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Perbedaan Tepung Terigu Protein Rendah, Sedang, dan Tinggi

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia