Resep: Cake Ubi Ungu

Bahan:
7 butir kuning telur
125 ml minyak sayur
125 ml susu segar
200g ubi ungu, rebus
20 ml esens ubi
280g tepung
3 sdt baking powder
1 sdt pewarna makanan ungu
7 butir putih telur
1 sdt garam
½ sdt cream of tartar
250g gula kastor
400g krim cheese siap pakai
150 ml krim kental
1 sdm air jeruk lemon
Sprinkle warna-warni untuk taburan
 
Cara Membuat:

  1. Panaskan oven 180C. Siapkan loyang bundar berukuran 20 cm, olesi bagian dalamnya dengan margarin. Kemudian lapisi dengan kertas roti. Sisihkan.
  2. Gunakan mangkuk besar untuk mencampur tepung, baking powder, setengah bagian gula, aduk rata. Sisihkan.
  3. Siapkan mangkuk, tuangkan kuning telur, minyak sayur, susu, ubi ungu dan pewarna, aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Tuangkan campuran telur ke dalam adonan tepung, aduk menggunakan pengaduk kayu hingga semua bahan tercampur rata. Sisihkan.
  5. Gunakan mixer berkecepatan rendah untuk mengaduk putih telur dan garam hingga berbuih. Tambahkan setengah bagian gula yang tersisa dan cream of tartar. Tambahkan kecepatan mixer, kocok hingga adonan kaku. 
  6. Tuangkan adonan putih telur ke dalam adonan ubi, aduk hingga tercampur.
  7. Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya dengan spatula. Lalu panggang selama 30-45 menit. Tusukkan pisau di ujung loyang untuk memeriksa kematangan. Jika tidak ada adonan yang menempel, maka cake sudah matang.
  8. Keluarkan cake dari dalam oven, biarkan hingga dingin. Lalu potong bagian atas cake. Campurkan cream cheese, krim kental dan air lemon, aduk rata.
  9. Olesi campuran krim di atas dan sekeliling bagian cake. Hias bagian atas dengan sprinkle. Potong-potong cake saat akan disantap.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Resep: Cake Ubi Ungu