10 Ide Lokasi Hunting Foto Bareng Sang Buah Hati


 

Belajar fotografi bisa menjadi salah satu aktivitas mengisi liburan sekolah anak-anak. Si kecil bisa mendapatkan banyak manfaat dari aktivitas ini, mulai dari melatih kepercayaan diri, mengasah kreativitas, dan kemampuan menyampaikan gagasan serta ide.
 
Nah, belajar fotografi tak akan pernah lengkap tanpa praktik langsung. Berikut ini adalah ide beberapa tempat di mana Anda bisa mengajak si kecil untuk hunting foto:
 
1. Taman Komplek Perumahan
Tak perlu jauh-jauh, taman di sekitar komplek perumahan juga bisa menjadi tujuan. Si kecil bisa memotret berbagai bunga, binatang atau kumbang, dan mainan yang tersedia di sana. Selain itu, ia juga bisa menjadikan kakak atau adik, sepupu, kakek atau nenek sebagai objek foto. Ia akan sungguh bersenang-senang dengan kamera atau ponselnya.
 
2. Hutan Kota
Tertarik membawa si kecil ke suatu tempat namun malas dengan kemacetan jalur luar kota? Anda bisa memanfaatkan hutan kota, kok. Si kecil akan mendapati pemandangan hijau yang segar di sana. Ini bisa jadi kesempatan untuknya untuk belajar mengenal berbagai macam flora.
 
3, Car Free Day
Sering melihat orang memotret di car free day? Anda bisa juga meminta si kecil memegang kamera dan membiarkan ia menjelajah di jalanan kota. Beri ia tantangan untuk merekam cerita mengenai apa saja yang ada di sana dan aktivitas orang lain di sana. Namun, Anda tetap perlu memintanya berhati-hati dan tetap mengawasinya.
 
4. Mini market
Bila Anda ragu membawa si kecil ke pasar, mini market langganan dekat rumah bisa menjadi ide lokasi hunting yang menarik, lho. Anda bisa mengajaknya memotret berbagai macam sayur dan buah segar, dan deretan camilan warna-warni yang tertata rapi di rak. Ini juga akan membantunya berlatih foto mikro. Ia juga dapat merekam aktivitas orang-orang yang ada di mini market. Sebelumnya, minta ijin pada petugasnya dulu, ya. Biasanya mereka tidak akan keberatan bila si kecil yang memotret untuk hobi barunya ini.
 
5. Taman Hiburan
Bila kondisi sudah benar-benar aman, senang sekali berada di sini. Memotret di taman hiburan akan menjadi tantangan khusus bagi si kecil untuk mengabadikan objek yang bergerak. Ia akan sangat menikmatinya.
 
6. Pedesaan
Nah, lokasi ini juga bisa Anda pertimbangkan nantinya bila kondisi sudah kondusif. Bawa si kecil sejenak keluar dari hiruk-pikuk kota. Ajak ia ke sawah, danau, dan desa kecil. Di sana, akan banyak hal yang mampu ia rekam dengan kameranya.
 
7. Kebun Teh
Sama seperti taman hiburan dan pedesaan yang lokasi ini bisa Anda tuju saat semuanya sudah aman, ajak si kecil mengisi liburan ke kebun the. Lihat foto apa yang bisa ia jepret di sana. Pasti Anda akan dibuat kagum dengan hasilnya yang indah..
 
8. Pantai
Pasir putih yang lembut, air laut yang biru, dan awan yang putih cerah, atau senja dengan matahari tenggelam adalah semua hal indah yang ditawarkan pantai. Ajak si kecil bersiap dengan kameranya untuk menangkap semua keindahan tersebut. Pilih spot foto yang tidak ramai agar kesehatan si kecil dan Anda sekeluarga tetap terjaga dan aman.
 
9. Seaworld
Pilihan lokasi satu ini juga Anda harus pastikan keamanannya. Tempat seru ini bisa memberikan tantangan tersendiri bagi si kecil. Ia akan lebih banyak berlatih tentang pencahayaan. Di samping itu, Anda juga bisa mengajarkannya untuk mengambil foto yang lebih artistik dengan menangkap siluet pengunjung yang sedang mengamati akuarium-akuarium besar.
 
10. Rumah Sendiri
Waaaah, tak perlu ke mana-mana! Rumah sendiri juga merupakan lokasi hunting yang menarik. Minta ia mengambil foto diri masing-masing anggota keluarga atau menangkap momen kebersamaan. Ia juga bisa merekam aktivitas sehari-hari keluarga atau mengambil foto hewan peliharaan kesayangannya.
 
 
Baca juga:
Kursus Fotografi untuk Anak
Aman Upload Foto Anak di Media Sosial, Ini Aturannya!
Tips Memotret Anak Agar Foto Tampil Menarik di Instagram
Etiket Fotografi Makanan
Upload Foto Anak di Media Sosial Bisa Dituntut?
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK
 

 
 
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

10 Ide Lokasi Hunting Foto Bareng Sang Buah Hati

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia