18 Ide Permainan Agar Anak Aktif Bergerak

Saat ini, semakin banyak anak-anak yang menderita obesitas karena gaya hidup sedentary, anak lebih suka duduk bermalas-malasan dan kurang suka beraktivitas. Bagaimanapun, selain mencukupi kebutuhan nutrisi demi pertumbuhan anak, mereka juga butuh olahraga untuk menjaga tubuhnya selalu bugar dan jauh dari risiko obesitas.

Seperti apa aktivitas sederhana dan seru yang memacu anak agar lebih aktif? Berikut beberapa pilihan  ide bermain aktif yang akan meminimalkan rasa bersalah mama akibat membesarkan anak obesitas hasil sedentary.

Mengulang Gerakan Ekstrakurikuler

Ajak anak agar bersedia mengajari mama beberapa gerakan ekstrakurikuler yang dipelajarinya. Misalnya, gerakan di kelas sepak bola, karate, atau yoga. Lalu, mama juga bisa bergantian mengajarinya gerakan lain hingga tidak ada lagi gerakan yang bisa saling diajarkan. Bagi yang pertama kali kehabisan ide gerakan, diwajibkan membuat snack atau minuman setelah bermain.

Membaca dan Bergerak Cepat

Ajak anak memilih buku bacaan atau dongeng favorit, lalu buat permainan “merespon kata”. Sebelum mulai membaca buku, ajak anak memilih kata yang akan diresponnya dengan berdiri atau duduk. Pilihkan beberapa kata yang kerap diulang dari bacaan buku tersebut. Setiap kali ia mendengar kata tertentu, ia harus cepat berdiri atau duduk sesuai perjanjian awal.
 

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed