18 Ide Permainan Agar Anak Aktif Bergerak



Saat ini, semakin banyak anak-anak yang menderita obesitas karena gaya hidup sedentary, anak lebih suka duduk bermalas-malasan dan kurang suka beraktivitas. Apalagi, di masa pandemi seperti saat ini, anak-anak makin terbatas ruang geraknya. Belajar dari rumah lebih banyak duduk di kursi belajar, aktivitas bermain bersama teman dan olahraga di sekolah pun jadi tidak ada.

Bagaimanapun, selain mencukupi kebutuhan nutrisi demi pertumbuhan anak, mereka juga butuh olahraga untuk menjaga tubuhnya selalu bugar dan jauh dari risiko obesitas.

Seperti apa aktivitas sederhana dan seru yang memacu anak agar lebih aktif? Berikut beberapa pilihan ide bermain aktif yang bisa dilakukan anak bersama orang tuanya.

Mengulang Gerakan Ekstrakurikuler

Minta anak mengajari Anda beberapa gerakan ekstrakurikuler yang dipelajarinya. Misalnya, gerakan di kelas yoga, balet, hiphop dance. Lalu, Anda juga bisa bergantian mengajarinya gerakan lain, hingga tidak ada lagi gerakan yang bisa saling diajarkan. Bagi yang pertama kali kehabisan ide gerakan, diwajibkan membuat snack atau minuman setelah bermain.

Membaca dan Bergerak Cepat

Ajak anak memilih buku bacaan atau dongeng favorit, lalu buat permainan 'merespons kata'. Sebelum mulai membaca buku, ajak anak memilih kata yang akan diresponsnya dengan berdiri atau duduk. Pilihkan beberapa kata yang kerap diulang dari bacaan buku tersebut. Setiap kali ia mendengar kata tertentu, ia harus cepat berdiri atau duduk sesuai perjanjian awal.
 


Topic

#dirumahsaja #ppkm #belajardarirumah #bermaindirumah

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed