18 Ide Permainan Agar Anak Aktif Bergerak


Voli Balon

Ajak anak bermain voli namun bukan voli beregu layaknya olahraga bola voli sungguhan. Cukup berdua dengan mama saja dan menggunakan balon sebagai bolanya. Satu orang memainkan satu balon yang dipukul ke atas tinggi-tinggi dan dipukul kembali sebelum terjatuh. Pemain yang mampu memukul 21 kali tanpa balonnya terjatuh, maka ia akan mendapat satu skor seperti pertandingan bola voli.

Mengumpulkan Snack

Buat jalur dari solatip atau lakban di ruang makan menuju dapur berupa garis zig zag atau berpola tertentu. Letakkan dua buah mangkuk di ujung dan di pangkal garis. Bila perlu, buat jalur tersebut berujung dan berpangkal di meja. Atur beberapa pilihan snack di meja dapur, lalu mintalah anak untuk mengambil beberapa snack dan diantar ke meja makan dengan berjalan atau melompat-lompat mengikuti jalur yang telah dibuat. Ingatkan ia untuk berhati-hati jika membawa snack yang rawan berantakan saat ia harus melompat. Jika ia keluar garis saat membawa snack, maka snack tersebut akan didiskualifikasi dari meja makan.

Jalan Kepiting

Ajak anak menirukan gaya kepiting berjalan, yakni tangan dan kaki di lantai, namun perut menghadap atas, atau kayang. Tantangannya, anak harus berjalan menuju titik tertentu sambil menahan keseimbangan perut yang membawa bean bags atau kantung berisi barang-barang ringan. Buat jalur yang harus dilaluinya dengan lakban dan letakkan beberapa mainan yang harus dipungut dan dikembalikan ke kotak di lain tempat. Jika ia berhasil melakukan sesuai perintah tanpa menjatuhkan kantung yang berada di perut serta mengikuti jalur dengan sempurna, ia akan mendapat skor.

Stretch and Sprout

Ajak anak berpura-pura menjadi biji kecil, dengan meringkuk atau menggulung badannya hingga sekecil mungkin. Lalu ajak ia membayangkan saat matahari bersinar, biji kecil tadi akan perlahan merekah dan membesar menjadi tanaman yang berusaha meraih langit. Ulang percobaan tersebut berulang dan semakin cepat hingga lama-lama ia akan mencoba meloncat saat menjadi tanaman yang mulai dewasa.
 

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

18 Ide Permainan Agar Anak Aktif Bergerak

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia