2 Seri Buku Anak Terbaru: Belajar Memahami Suasana Hati dan Hidup Sehat



Suasana hati (mood) anak berubah-ubah dan makin sering memancing emosi Mama dan Papa? Tidak hanya orang tua, pandemi juga sangat berpengaruh bagi anak-anak, lho. Mereka juga merasa sedih, takut, khawatir, marah, lelah, bosan, tidak termotivasi, kesepian, karena ruang gerak terbatas, tidak bisa bertemu teman-teman di sekolah, atau bebas berlarian di rumput taman kota. Turunkan emosi, Anda perlu tahu Cara Tangani Anak Moody. Ajak anak belajar memahami suasana hatinya, menerima, dan mengelolanya.

Karena hidup sehat juga penting terutama di masa pandemi ini, jangan lupa untuk juga mengajarkannya kepada anak, ya.
 
Salah satu cara menyenangkan mengajarkan sesuatu kepada anak adalah lewat cerita. Nah, berikut ini beberapa pilihan buku anak untuk anak belajar memahami suasana hati dan hidup sehat. 
 
Seri Suasana Hati
Penulis: Tascha Liudmila, Ilustrasi: Debby Rahmalia
 


Ada 3 buku dalam seri Suasana Hati yang ditulis oleh Tascha Liudmila, ibu 3 anak ini: Bila Aku Bosan, Bila Aku Kesepian, dan Aku Mau Meledak. Ketiganya menggambarkan suasana hati yang paling banyak dialami anak-anak di masa pandemi ini: bosan, kesepian, dan ingin marah-marah.
 
Seri buku anak yang diluncurkan tepat di Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2021 lalu ini berbeda dari buku-buku kebanyakan, karena ditulis dengan gaya berima, dari judul sampai akhir cerita. Semua kalimat berakhiran sama. Coba simak ini:
 
Bila Aku Bosan
 
Akhir-akhir ini aku sering bosan
Tidak tau lagi apa yang harus dikerjakan
Aku sudah 3 kali makan
Aku juga sudah tidur-tiduran
 
….
 
Aku Mau Meledak
 
Semua orang ingin aku bentak
Semua barang ingin aku sepak
Seluruh ruangan ingin aku rusak
 
Menarik, bukan…. Gaya berima ini mengajarkan anak keteraturan, menemukan kosa kata baru, dan keasyikan bermain kata-kata. Sehingga, ini bisa mengasah keterampilan anak berbahasa Indonesia. Bagi anak-anak yang terbiasa berbahasa asing, ini bisa membuat Anak Fasih Bahasa Indonesia. Dengan ilustrasi dan desain menarik, anak-anak akan makin menyukainya.
 
Terpenting, lewat buku ini, anak tidak akan merasa digurui atau ditolak emosinya. Sebaliknya, ia akan merasa diterima dan dipahami apa pun suasana hati dan emosinya, juga belajar mengelola reaksinya. Mereka akan nyaman dan merasa buku ini ‘aku banget’.

Karena tidak ada yang salah dengan emosi atau suasana hati apa pun, yang perlu dilakukan orang tua adalah terus mendampingi anak belajar memahami suasana hati anak.

 
Seri Board Book Kata Dokter
Penulis: dr. Andreas, M.Ked(Ped), Sp.A
 


Mematuhi protokol kesehatan wajib dilakukan agar tidak tertular atau menularkan virus COVID-19. Namun, yang lebih penting lagi adalah menjaga kesehatan kita, dengan menjalankan pola hidup yang baik dan sehat, agar imunitas senantiasa terjaga. Dan, pola hidup sehat sudah perlu diajarkan kepada anak-anak sejak dini.

Sisi positif dari pandemi adalah Mama dan Papa menjadi lebih peduli terhadap kesehatan diri, anak-anak, dan semua anggota keluarga. Sehingga, ini bisa menjadi contoh dan dijalankan bersama-sama dengan anak-anak di rumah.
 
Ajak anak belajar hidup sehat lewat seri buku Kata Dokter yang ditulis dr. Andreas, M.Ked(Ped), Sp.A. Terdapat 4 judul dalam seri ini, yakni Yuk, Berjemur!, Yuk Sikat Gigi!, Yuk, Makan Sehat!, Yuk, Tidur Siang!.
 
Sebagai seorang dokter spesialis anak, dr. Andreas sangat memahami apa saja yang penting bagi anak-anak agar selalu terjaga kesehatannya dan bagaimana berinteraksi dengan anak-anak. Sehingga, penyampaian edukasi kesehatan melalui board book ini sangat sederhana dan akan mudah dimengerti anak-anak. Apalagi, ilustrasinya jenaka dan penuh warna, juga ada tokoh-tokoh hewan yang lucu yang biasanya ada di sekitar kehidupan anak, yakni anjing (Guk), kucing (Puss), dan cicak (Cak)
 
Board book ini untuk edukasi kesehatan sekaligus menstimulasi anak. Semoga buku ini bermanfaat dan dapat menjadi pegangan orang tua. Melalui buku ini, saya berharap dapat berkontribusi terhadap kesehatan anak Indonesia,” kata dr. Andreas.
 
Baca juga: 
Pandemi Belum Usai, Ini 5 Cara Jauhkan Anak-anak dari Stres
4 Ciri Anak Stres Selama Pandemi
2 Penyebab Utama Anak Stres di Masa Pandemi
Anak Sehat Makan Buah dan Sayur
Ini Manfaat Tidur Siang untuk Kecerdasan Anak

Gracia Danarti
Foto utama: Shutterstock

 
 
 
 

 


Topic

#bukuanak #parenting #balita

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

2 Seri Buku Anak Terbaru: Belajar Memahami Suasana Hati dan Hidup Sehat