3 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Anak


Meski menurut mitos kangkung dapat membuat orang yang mengonsumsinya jadi mengantuk, tapi faktanya, kandungan nutrisi kangkung mampu memenuhi asupan serat dan sejumlah vitamin dan mineral. Jadi, tak perlu takut memberi kangkung kepada si kecil, Ma.

Ada dua jenis kangkung yang sering ditemui di pasaran, yaitu kangkung darat dan kangkung air. Kangkung air memiliki daun yang lebar dan bunga berwarna keunguan, sedangkan kangkung darat daunnya lebih kecil dan memiliki bunga berwarna keputihan. Kandungan nutrisi pada kangkung sangat baik untuk anak-anak, sebut saja vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, kalsium, dan fosfor. Tak heran kalau kangkung juga mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan anak.

Baca juga: Tip Masak Sayur Kangkung

Mencegah anemia
Anemia pun ternyata bisa menyerang anak-anak, membuat mereka sering pusing, terlihat letih, dan lesu. Tak hanya itu, anemia juga mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak. Kangkung memiliki kandungan zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah.

Menyehatkan mata
Kangkung juga merupakan sahabat bagi mata si kecil, karena mengandung vitamin A yang dapat membantu menjaga kestabilan penglihatan. Ini berkat kandungan betakaroten yang bermanfaat dalam meningkatkan ketajaman penglihatan.

Mencegah diabetes
Risiko diabetes pada anak bisa dikurangi dengan konsumsi kangkung. Menurut penelitian, ekstrak kangkung berguna sebagai salah satu obat diabetes karena dapat membantu penyerapan gula darah.

Baca juga: 7 Resep Pilihan Agar Anak Mau Makan Sayuran

Foto: Fotosearch

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

3 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Anak