3 Pelajaran Penting Ini Bisa Diajarkan Orang Tua ke Anak



Bisakah aktivitas seperti yang diajarkan saat bimbingan belajar dilakukan di rumah? Ternyata bisa juga.

Orang tua bisa menjadi tutor bagi anak dan mengajarinya 3 hal penting ini selain mengajaknya latihan soal yang juga diperlukan ketika menghadapi ujian.

- Bantu anak belajar mengelola waktu. Anda dapat membantu anak menyusun jadwal harian yang seimbang, baik waktu belajar maupun waktu istirahat.

Hindari belajar ngebut semalam, atau memaksa anak belajar/berlatih soal berjam-jam tanpa jeda waktu. Jangan lupa selipkan jadwal berolahraga.

Baca juga:
Cermat Pilih Bimbel untuk Anak
Anak Bimbel di Rumah, Bisa, kok!

- Bantu anak belajar mengelola diri. Jika anak menunjukkan asil latihan ujian, atau ulangan harian, Anda dapat mulai mengajak anak berdiskusi, alih-alih hanya berfokus pada besar nilai yang ia peroleh.

Bagian mana yang masih terasa sulit  atau sudah ia kuasai? Bagaimana cara memperbaiki kesalahan yang ia buat? Strategi apa yang perlu diterapkan untuk menguasai materi yang belum ia kuasai?

- Bantu anak belajar mengelola stres. Ajari anak mengenali tanda-tanda kecemasan dan ketegangan pada dirinya, dan bagaimana cara mengatasinya.

Misalnya dengan meminta anak berdoa, atau mengatur napas dengan menarik dan mengembuskan napas perlahan-lahan sebanyak sepuluh kali.

Foto: 123RF

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

3 Pelajaran Penting Ini Bisa Diajarkan Orang Tua ke Anak