4 Selebriti Sukses Meski Disleksia

”Vonis” disleksia bukan berarti si kecil kehilangan kesempatan untuk sukses. Di bawah ini adalah sejumlah tokoh dengan prestasi mendunia, meski menyandang disleksia.

- Tom Cruise
Aktor paling populer di era 90-an (bahkan sampai sekarang) ini dulu mesti berjuang habis-habisan untuk bisa naik kelas. Terlebih, orangtua Tom yang sering berpindah-pindah kian menyulitkan Tom kecil beradaptasi dengan pelajaran di sekolah barunya. Untungnya, Tom kemudian menemukan dunia akting yang justru melejitkan namanya dan menjadikan dirinya salah satu aktor terkaya di dunia.

- Keira Knightley
Si cantik asal Inggris ini sudah memiliki passion di dunia pertunjukan sejak kecil. Orangtua Keira yang cerdik menjadikan kecintaan putrinya pada panggung sebagai motivasi gadis ini belajar membaca—Keira harus membaca naskah sebelum pentas. “Sekarang saya tidak menemui kesulitan mempelajari naskah film, meski untuk membacanya pertama kali saya masih memerlukan waktu agak lama,” ujarnya.

- Agatha Christie
Pemegang rekor Guiness Book untuk penulis buku terlaris ini dikenal sebagai “si lambat” di dalam keluarganya. “Sampai menjadi penulis pun saya masih sering kesulitan mengeja kata-kata dengan benar. Tapi untuk itulah gunanya ada editor, bukan?” candanya. Dalam menghadapi disleksia, wanita ini memberi tips sederhana, yaitu menerima kondisinya apa adanya dan fokus pada apa yang ia bisa lakukan.

- Leonardo DaVinci
Leonardo adalah seseorang yang terlahir dengan multitalenta. Dia adalah pelukis, desainer, ilmuwan, serta pemikir ternama dunia. Tak banyak yang tahu bahwa ia juga seorang penderita disleksia. Kondisi ini diketahui para peneliti masa kini ketika mengamati tulisan tangan Leonardo yang bentuknya terbalik—seperti melihat dari cermin, berbeda jauh dengan lukisannya yang begitu proporsional dan presisi.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

4 Selebriti Sukses Meski Disleksia