4 Kegiatan Seru Menunggu Buka Puasa


Banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan anak sembari menunggu beduk Magrib. Wajah lesu dan pertanyaan, “Ma, kapan buka puasanya?” kini tak lagi mewarnai petang menjelang beduk Magrib. Anak-anak seakan tersihir dengan berbagai aktivitas seru yang membuat mereka lupa sedang berpuasa. Tak hanya menyenangkan, kegiatan-kegiatan ini juga memberi kenangan manis selama Ramadan.
  • Mendengarkan cerita tentang tradisi puasa
Banyak tradisi puasa yang dilakukan masyarakat di dalam dan luar negeri, yang dapat dijadikan cerita menarik untuk anak. Di Jawa, ada tradisi kenduri, atau berbuka puasa bersama di surau dengan aneka makanan yang dibawa warga sekitar. Ada pula apeman, atau membuat kue apem, lalu dibagikan ke tetangga dan keluarga, sebagai simbol permohonan maaf. Sedangkan di luar negeri, seperti di Mesir, Mama bisa bercerita tentang musaharti (orang yang berprofesi membangunkan sahur), dan dentum 4 meriam dari Benteng Saladin di Kairo, yang menandai waktu buka puasa.
  • Beraktivitas dengan children activity book
Banyak buku aktivitas bertema Ramadan dan Lebaran, yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu jelang buka puasa. Misalnya, buku Allah to Z: Activity Book: Islamic Activities for Ramadan and All Year Long karya Sam’n Iqbal, atau Ma’ruf Book Story: Buku Cerita dan Mewarnai Anak Sholeh. Buku-buku itu mengajak anak mewarnai, menyelesaikan puzzle, menghubungkan titik-titik, dan aktivitas seru lain, sambil belajar agama dan huruf Arab. Anda juga bisa mengunduh buku serupa di bukancumabermain.wordpress.com/2015/06/23/seri-ramadhan-buku-aktivitas-ramadhan-untuk-anak-usiadini.
  • Membuat mainan sendiri
Di internet banyak situs yang memuat cara pembuatan berbagai mainan kreatif yang bahan-bahannya mudah didapat, atau bahkan sudah ada di dapur. Misal, playdough dari tepung, minyak, air, dan pewarna makanan. Atau, slime berbahan tepung jagung, air, cream of tartar, maupun fingerpaint dari pewarna makanan, tepung jagung, dan air. Ajak anak membuatnya sambil menunggu saat berbuka puasa.
  • Memainkan aplikasi di ponsel pintar
Unduh beberapa aplikasi permainan di Google Play dan App Store, yang juga memungkinkan anak belajar bahasa Arab dengan interaktif. Misal, “Ali and Sumaya Ramadan”, “Noor Quest”, “Arabic with Taha and Maryam”, “Kids of the Ummah”.
 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

4 Kegiatan Seru Menunggu Buka Puasa

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia