4 Langkah Atasi Kutu Rambut pada Anak


Siapa pun pasti tak mau rambut dan kulit kepalanya berkutu. Tapi, jika anak terlanjur terjangkit kutu, ada beberapa langkah yang  bisa Mama lakukan:

1. Shampo dengan formula khusus
Ahli dermatologis dari American Academy of Dermatology, Dr. Paradi Mirmirani, menyarankan penggunaan produk shampo atau losion yang mengandung zat kimia khusus untuk membasmi kutu rambut. Umumnya produk ini tersedia di toko obat. Cara pakainya, oleskan pada rambut secara merata, diamkan beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih. Metode ini hanya dapat membunuh kutu yang hidup. Sedangkan telur kutu masih bertahan pada helai rambut. Karenanya, Mama perlu mengulangnya setiap 7-10 hari, sampai rambut aman dan bersih dari kutu maupun telurnya.

2. Sisir khusus kutu rambut
Dr. Paradi juga menyarankan penggunaan sisir khusus kutu rambut. Di beberapa daerah, sisir ini lebih dikenal dengan nama serit. Sisir ini bergigi sangat rapat supaya si vampir kecil tidak memiliki celah untuk melarikan diri ketika diaplikasikan pada rambut. Agar lebih mudah  menemukan kutu rambut, gunakan sisir ini ketika rambut basah atau seusai keramas. Sisir bagian demi bagian rambut mulai dari akar hingga ujung secara teliti. Lakukan setiap hari. 

3. Minyak esensial untuk rambut
Kutu rambut tidak menyukai aroma herbal yang kuat, seperti peppermint, rosemary, lavender, minyak pohon teh, dan sejenisnya. Mereka juga membenci tekstur yang berminyak karena menyulitkan pergerakan mereka. Sebelum tidur pada malam hari, oleskan minyak esensial secara menyeluruh ke permukaan kulit kepala hingga ujung rambut. Gunakan penutup kepala agar tidak mengotori permukaan bantal. Keramaslah pada keesokan harinya. Terakhir, sisir rambut menggunakan serit.

4. Perawatan di salon khusus kutu rambut
Jika Mama tidak memiliki cukup waktu untuk memberikan perawatan pada rambut si kecil yang berkutu, Mama bisa mengajaknya ke salon yang khusus menangani kutu rambut. Pada rambut panjang, biasanya akan disarankan supaya dipotong terlebih dahulu untuk memudahkan perawatan. Rambut pendek dapat meminimalkan ruang gerak kutu dan mengurangi telur yang melekat pada rambut yang terpotong. Setelah itu, rambut si kecil akan diberi cairan khusus yang berfungsi melumpuhkan kutu rambut. Cairan ini akan dibiarkan beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih. Biasanya, anak juga akan menerima ‘skrining’ seluruh rambut dan kulit kepala untuk membasmi telur yang masih melekat.

Fakta Seputar Kutu Rambut
  • Kutu rambut tidak dapat berpindah tempat dengan cara terbang atau melompat.
  • Kutu rambut hanya mampu bertahan hidup pada rambut dan kulit kepala manusia, tidak pada bulu hewan.
  • Tak hanya di Indonesia, kutu rambut juga ada di luar negeri. Di Eropa, anak sekolah yang kedapatan memiliki kutu akan diberi libur selama seminggu untuk dihilangkan kutunya terlebih dahulu.  
Salon Kutu Rambut 
Snippet Junior Salon & Massages
Jl. Maleo Raya JA.2 no.8 Sektor 9 Bintaro Jaya, Tangerang, Banten
Telp. 021-97043767

Foto: 123rf

Baca juga : Penyebab Rambut Anak Kutuan 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

4 Langkah Atasi Kutu Rambut pada Anak

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia