4 Manfaat Buah Nanas untuk Anak


Meski populer, tak banyak anak-anak yang suka dengan buah nanas. Mereka lebih menyukai buah tropis ini dalam bentuk olahan, seperti selai, sirup, atau topping kue. Buah nanas yang dikonsumsi segar kerap meninggalkan rasa ‘gatal’ di langit-langit mulut. Penyebabnya adalah kandungan glikosida atau sejenis bahan organik yang bisa merangsang kulit manusia dan selaput lendir pada rongga mulut. Tidak berbahaya, sih, tapi terasa mengganggu bagi anak yang sensitif. Hal ini juga membuat Anda bertanya-tanya, Amankah Anak Makan Nanas?

Tenang, Ma, untuk mengurangi gejala tersebut, Anda bisa memotong nanas menjadi potongan kecil-kecil, lalu direndam dalam air garam selama 30 menit. Sebelum dikonsumsi, bilas potongan nanas dengan air dingin untuk menghilangkan rasa asinnya. Cara lain adalah dengan merebus nanas sebelum dikonsumsi. Dengan demikian, anak tetap bisa menikmati nanas dan mendapatkan manfaat Nanas yang Baik!
 
Manfaat Buah Nanas untuk Anak
  • Membantu menyembuhkan pilek dan batuk
Nanas mengandung enzim bromelain yang bersifat antiradang dan mampu melawan infeksi mikroba. Jus nanas segar bisa mengobati sakit tenggorokan dan membantu mengurangi produksi lendir. Konon, jus ini lima kali lebih efektif daripada obat batuk, lho.
  • Meningkatkan kesehatan mulut
Jus nanas yang diminum rutin bisa membantu menjaga kesehatan mulut si kecil. Vitamin C dalam jus nanas berfungsi menguatkan gusi dan menjaga gigi si kecil tetap sehat dan kuat. Buah tropis ini juga bisa mencegah pengerasan plak dan penyakit gusi lainnya.
 
  • Memperkuat tulang
Nanas akan membantu membangun tulang yang sehat karena kandungan mineral mangan yang diperlukan bagi tubuh untuk membangun tulang dan jaringan ikat.
 
  • Melancarkan pencernaan
Bromelain membantu kesehatan pencernaan. Konsumsi satu potong nanas setelah makan akan mengurangi gas, kembung, mual, sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar. Jus nanas segar juga membantu menghilangkan cacing usus.
 
 
Tip Mengolah Buah Nanas
Dari nanas yang sepotongnya saja mengandung: 73 kalori, 12,5 RE (Retinol Ekivalen) vitamin A, 23,8 mg vitamin C, Anda bisa bikin apa saja, ya? Ada banyak Ide Kreasi Nanas. Berikut ini 3 di antaranya: 
  • Selai nanas. masak parutan nanas bersama gula dan kayu manis hingga mengental. 
  • Setup nanas. masak nanas di dalam air mendidih bersama gula, garam, dan kayu manis. Setelah dingin, sajikan bersama es batu.
  • Nanas goreng. Potong-potong nanas, celupkan ke dalam adonan tepung, telur, air, sedikit gula dan garam. Goreng dalam minyak cukup, angkat setelah matang kekuningan. Di piring saji, atur nanas goreng, taburi dengan gula halus dan bubuk kayu manis. Yummy!


Topic

#menusehatkeluarga #nutrisi

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

4 Manfaat Buah Nanas untuk Anak