5 Makanan Ini Tidak Baik untuk Bekal Anak


Beberapa makanan ini sepertinya sehat dan lazim dijadikan bekal. Tapi ternyata, kurang baik untuk dikonsumsi anak:

  • Minuman energi
Banyak orang tua percaya, anaknya membutuhkan minuman energi setelah berolahraga. Dalam suatu survey, ¼ orang tua menganggap minuman energi tergolong sehat. Faktanya, minuman energi tidak disarankan untuk anak.

Elektrolit yang hilang setelah beraktivitas bisa terganti oleh asupan makanan. Sebotol minuman energi mengandung bahan yang anak tidak butuhkan, seperti lebih dari 8 sdt gula, perasa buatan, serta pewarna makanan.
  • Selai cokelat kacang
Terbuat dari dua bahan utama, gula dan minyak. Dalam sekali saji, terkandung 21 gram gula. Jumlah itu lebih banyak dari anjuran American Heart Association, yang membatasi konsumsi gula bagi anak 5 sdt sehari.

Salah kaprah selai cokelat kacang sebagai sesuatu yang sehat bisa jadi karena tepengaruh iklan, yang roti selai cokelat kacang digambarkan sebagai sarapan sehat.   
  • Permen buah
Segenggam permen buah banyak mengandung gula tambahan. Tapi sayangnya, masih dianggap lebih sehat daripada permen biasa. Meski label di permen buah menyatakan ‘terbuat dari buah asli’, yang berarti dibuat dari konsentrat sari buah. Sesungguhnya tetap mengandung pemanis buatan yang tinggi.
  • Jus
American Academy of Pediatrics membatasi konsumsi jus buah untuk anak dalam sehari. Anak usia 1-6 tahun maksimal 200 ml jus, dan maksimal 350 ml jus untuk usia 8-12 tahun. Jus buah, termasuk 100% buah asli, merupakan sumber kalori dan gula alami. Cita rasanya manis, jadi anak cenderung mengonsumsi secara berlebihan. Terlalu banyak minum jus akan merusak selera makan anak, bahkan bisa berakibat diare dan penambahan berat badan.
  • Graham crackers
Kraker ini banyak diberikan untuk anak prasekolah, tapi sebenarnya lebih mirip cookies. Graham cracker terbuat dari tepung dan pemanis tambahan. Setiap lembarnya mengandung sekitar 1 sdt gula. Beberapa merek memang dilengkapi kalsium dan sedikit zat besi. Tapi, akan lebih baik memberi asupan mineral bagi anak lewat makanan bernutrisi.

Foto: 123 RF


Baca juga:
Nutrisi Sandwich untuk Bekal Sekolah
Nutrisi 6 Jenis Bekal Makanan Anak
Bekal Sekolah Sehat untuk Anak

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia