6 Manfaat Serat Pangan Inulin bagi Tubuh Si Kecil


 

Sering kali sebagai orang tua, Anda mungkin hanya fokus mengamati timbangan si kecil. Ya, bagi banyak orang tua, masalah pertambahan berat badan anak adalah sebuah PR besar. Kalau berat badan anak tak kunjung bertambah, Anda pasti bertanya-tanya bagaimana itu bisa terjadi, lebih-lebih jika Anda sudah mengupayakan agar si kecil makan cukup dan teratur.
 
Untuk mengoptimalkan pertumbuhannya, Anda juga harus memastikan apakah pencernaan si kecil bekerja dengan baik, Ma. Sebab, pencernaan yang bermasalah akan menyebabkan penyerapan gizi dalam tubuh si kecil jadi tidak optimal. “Kalau gizi dari makanan yang masuk hanya terbuang jadi BAB, sayang sekali,” ujar dr. Daeng M Faqih, S.H., M.H., Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dalam konferensi pers Morinaga Chil*Go! secara virtual akhir Maret lalu. Ini tentu dapat memengaruhi pertumbuhannya dan juga daya tahan tubuhnya.
 
Nah, salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan pencernaan adalah serat pangan inulin. Inulin tergolong dalam prebiotik dari karbohidrat rantai panjang alami, yang berasal dari chicory root (sejenis umbi-umbian).
 
Head of Medical KALBE Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur mengatakan, “Inulin adalah makanan baik untuk bakteri baik. Ia menambahkan, “Inulin berfungsi sebagai serat dan makanan yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dan menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus besar.” Menurutnya,  hal tersebut dapat mengoptimalkan penyerapan gizi.





Apa saja, sih, manfaat serat pangan inulin untuk tubuh si kecil?
 
1. Menekan Bakteri Jahat
Serat pangan inulin yang termasuk dalam golongan prebiotik memiliki kemampuan merangsang pertumbuhan bakteri baik seperti bifidobacteria. Dengan peningkatan jumlah bakteri baik di usus, maka dapat menekan jumlah bakteri jahat.
 
2. Usus yang Sehat
Mengonsumsi inulin dalam jumlah yang cukup secara teratur dapat meningkatkan kesehatan usus.
 
3. Mencegah Sembelit
Pencernaan yang optimal tentu akan secara otomatis mengatur kebiasaan buang air besar dan meminimalisir risiko sembelit atau konstipati yang bisa jadi sangat tidak nyaman untuk anak-anak.
 
4. Mengoptimalkan Penyerapan Kalsium
Kalsium adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang si kecil. Kalsium membantu pertumbuhan tulang dan gigi si kecil. Serat pangan inulin dapat membantu mengoptimalkan berbagai penyerapan nutrisi, termasuk kalsium.
 
5. Mengontrol Lemak Jahat
dr. Muliaman mengatakan bahwa serat pangan inulin berfungsi untuk mengikat lemak jahat dan membuangnya.
 
6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Prebiotik dapat merangsang kekebalan tubuh agar si kecil tidak mudah terserang penyakit yang diakibatkan oleh virus atau bakteri. Kalau si kecil tidak mudah sakit, peningkatan berat badannya juga pasti akan baik.
 
Lalu, pilihan makanan dengan kandungan serat inulin apa yang bisa diberikan untuk si kecil?  Serat pangan ini bisa didapat dari beberapa asupan, antara lain susu, Ma. Salah satunya, susu Chil*Go!
 
 
Baca juga:
Kebutuhan Serat Anak
Agar Kebutuhan Serat Anak Terpenuhi
Kebutuhan Serat Anak dalam Sehari
Penyebab Anak Kurang Asupan Serat
Rahasia Gizi Seimbang Anak Aktif
 
 
 
LELA LATIFA
FOTO: DOK. MORINAGA, FREEPIK
 

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

6 Manfaat Serat Pangan Inulin bagi Tubuh Si Kecil

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia