9 Tips Hemat Rayakan Ulang Tahun Anak



Biasanya, bukan hanya anak yang bersemangat menjelang pesta ulang tahunnya. Mama tak kalah sibuk melakukan berbagai persiapan, agar pesta ulang tahun anak berlangsung dengan meriah.

Tidak harus mewah, namun harus berkesan bagi tamu-tamu undangan, dan tentu saja, si kecil yang berulang-tahun. Waktu Mama pun kerap habis untuk browsing berbagai ide pesta seru, namun tetap ramah di kantong, dan tidak mengganggu pengeluaran maupun tabungan/investasi rutin bulanan.

Nah, jika memang budget Mama terbatas, ada beberapa hal, kok, yang sebenarnya bisa Mama siasati, tanpa perlu mengorbankan kemeriahan pesta ulang tahun anak.

Persiapan
Mulailah ‘berburu’ dan survei perlengkapan pesta dari jauh-jauh hari. Dengan begitu, Anda masih sempat mengintip toko-toko yang memberikan harga terbaik. Anda juga akan terhindar dari membeli pernak-pernik yang terlupakan dengan harga mahal saat menjelang acara.

“Beberapa bulan sebelum acara, saya sudah sibuk berkelana dari satu toko online ke toko lain untuk mencari perlengkapan sesuai tema pesta, dengan harga yang paling murah,” tutur Helen Holden, pemilik blog Counting Candles.

Instagram bisa dijadikan referensi, karena banyak yang menawarkan produk unik di sana, mulai dari perlengkapan pesta sampai suvenir custom dengan harga bersaing. Beberapa tagar yang bisa Mama gunakan di kolom pencarian Instagram, misalnya #perlengkapanpesta, #perlengkapanparty, #supplierbalon, #pestaulangtahunanak.

Jam Pesta
Kapan waktu terbaik untuk mengundang tamu cilik? Danielle Walker, pengarang buku Against All Grain: Celebration, menyarankan untuk menggelar pesta dari pukul 14.00 sampai 17.00.

Setelah makan siang dan sebelum makan malam adalah waktu terbaik untuk berpesta, ketika para tamu tidak memerlukan menu makan lengkap. Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk menu makan besar, karena hanya menyajikan finger food atau camilan, seperti aneka kue, chips, jajanan pasar, dll.

Undangan
Dalam survei yang diadakan oleh majalah Parents, dari 1.500 orang tua di Amerika Serikat, sebanyak 73% masih mengirimkan undangan kertas untuk pesta ulang tahun anak mereka. Biasanya, undangan ulang tahun memang berbentuk kartu.

Tapi, daripada mengeluarkan biaya untuk mencetak undangan kertas, coba undangan digital, yang bisa Mama kirimkan lewat e-mail, aplikasi chat, atau media sosial. Selain hemat, juga ramah lingkungan.

Bentuk Pesta
Kalau tanggal ulang tahun anak ternyata juga berdekatan dengan tanggal ulang tahun temannya, pertimbangkan mengadakan pesta gabungan. Anda dan orang tua anak tersebut bisa berbagi biaya pesta dan tugas.

Tapi, pastikan setiap anak punya kue ulang tahun sendiri. Atau, Anda bisa mengadakan kegiatan selain pesta, yang tak kalah seru, seperti yang dilakukan oleh Erin Boyle, pengarang Simple Matters, “Saya dan suami merayakan ulang tahun pertama putri kami dengan piknik bersama teman dan kerabat.”

Baca juga: Tema Ulang Tahun Unik untuk Anak Perempuan

Kue Ulang Tahun
Ini merupakan salah satu item yang cukup menguras kantong. Siasati dengan membuat cake sendiri. Karen Tack, dari Cake My Day!, menyarankan menggunakan adonan cake siap pakai yang dijual di pasaran.

Tapi, ganti bahan buttermilk dengan air agar cake jadi lebih padat dan tidak terlalu manis. Kemudian, hias kue dengan buttercream buatan sendiri, dengan mengocok susu, unsalted butter, vanilla, dan gula menggunakan mixer.

Kemudian, hias kue dengan taburan sprinkle, marshmallow, atau chocolate stick. Untuk inspirasi dan tutorial, Anda bisa mendapatkannya dari internet.

Perlengkapan Pesta
Toko khusus perlengkapan pesta seringkali menjual produk yang juga dijual di tempat lain, dengan harga yang lebih mahal.

Misalnya, cokelat dalam kemasan isi 5 dijual dengan harga Rp50.000 di toko perlengkapan pesta. Sementara untuk merek yang sama di supermarket grosir, harganya bisa di bawah itu.

Anda juga bisa memilih berbelanja di toko online. Memang, harga tidak selalu lebih ekonomis saat Anda berbelanja online. Tapi, paling tidak, dengan berbelanja online, Anda bisa mengurangi risiko untuk belanja impulsif.

Godaan tentu lebih besar kalau di depan mata terpampang aneka barang lucu dan menggemaskan. Tanpa sadar, Anda pun ‘lapar mata’ dan membeli ini-itu yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Pengisi Acara
Kerahkan jejaring Anda untuk ikut memeriahkan pesta. Sebagai pengisi acara dan hiburan, minta teman atau kerabat membantu Anda, saran Steve dan Annette Economides, pengisi kanal MoneySmartFamily.com.

Teman yang jago memandu acara bisa Anda ajak menjadi MC. Tante si kecil pintar membuat kerajinan? Minta tolong ia mengisi kelas art and craft saat acara. Selain hemat biaya (untuk suvenir para tamu cilik), aktivitas art and craft juga bisa menjadi pengisi acara pesta yang seru bagi anak-anak.

“Saya biasa mengetik ‘DIY’ pada kolom pencarian di situs perlengkapan pesta untuk melihat pilihan produk yang ditawarkan" kata Jodi Levine dari SuperMakeIt.com.

Jodi juga menyarankan untuk memilih produk sesuai dengan tema pesta. Misalnya, tas kanvas polos atau payung putih yang bisa diwarnai, lalu hasilnya dibawa pulang sebagai suvenir.

Untuk kegiatan bebas, sediakan buku, video dan DVD yang berhubungan dengan tema pesta. Story telling bisa menjadi cara yang baik untuk menenangkan tamu cilik setelah enerji mereka terkuras dalam permainan sebelumnya.

Gunakan properti yang menarik atau bahkan kostum agar story telling lebih berkesan.

Dekorasi 
Manfaatkan benda-benda yang Anda miliki di rumah untuk menjadikan perlengkapan pesta yang polos tampil istimewa. Karena biasanya, perlengkapan pesta polos dihargai lebih murah daripada yang bermotif atau karakter.

Contohnya, gunakan pembolong kertas di sekeliling piring kertas dan serbet untuk membuat motif. Balon polos akan makin cantik dengan menempelkan stiker. Beli beberapa dekorasi saja sesuai tema pesta, seperti balon foil, sisanya pilih dekorasi simpel dengan harga ekonomis.

Anak pasti sering mendapat goodie bag dari pesta ulang tahun yang pernah ia hadiri. Jodi menyarankan untuk ‘menyimpan’ isi goodie bag yang didapat si kecil .

“Saya ‘menyelamatkan’ sebagian besar permen, yang saya tahu tidak akan dimakan oleh anak-anak, dan mainan yang segera akan mereka lupakan. Lalu, semua itu saya gunakan untuk mengisi pinata di acara ulang tahun mereka,” kata Jodi.

Suvenir
Dengarkan imajinasi anak, saran Steve dan Annete Economides. Mereka mengatakan, salah satu permainan pesta paling sukses yang pernah mereka adakan adalah perburuan harta karun.

Harta karun berupa emas (terbuat dari batu yang dicat emas) boleh dibawa pulang oleh para tamu sebagai suvenir.

Baca juga:
Menu Sehat Untuk Pesta Ulang Tahun

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

9 Tips Hemat Rayakan Ulang Tahun Anak