Agar Anak Kebal Bully

Ada 5 ‘imunisasi’ yang bisa membuat anak kebal terhadap tindakan bully di mana pun dia berada: 


1. Antisipasi sebelum bully terjadi. Cermati cerita anak tentang sekolahnya, apakah ada cerita tentang temannya yang suka bossy atau menang sendiri. Nah, ini bisa jadi cikal bakal bully. Ajari anak cara terbaik untuk menyikapi sikap teman yang seperti ini. 


2. Ajari anak ‘melawan’ secara positif, misalnya berani bilang tidak suka atau menolak perlakuan teman yang kasar. Hindari terus menerus mendorong anak untuk bersikap baik dan manis pada teman. Jika ada teman yang menyakiti, tentu ia perlu belajar bersikap tegas.


3. Berikan kesempatan bagi anak untuk ikut aktivitas olahraga secara rutin. Lewat olahraga, selain kekuatan fisik, bisa juga terbangun sikap sportif dan kepercayaan diri yang bisa menjadi bekal bagi anak menghadapi tindakan bully di sekolah.


4. Berikan contoh cara membela kepentingan diri secara manis. Contoh, ketika sedang mengantri, ada orang yang menyela Anda, sampaikan keberatan pada orang itu dengan sopan. Tunjukkan kita bisa melakukan sesuatu jika hak kita dilanggar.


5. Biasakan atmosfer demokrasi di rumah, yaitu semua orang berhak mengeluarkan pendapatnya secara positif dan wajib menghargai pendapat orang lain.


Topic

#MentalMerdeka

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia