Agar Anak Tidak Malas Membaca

Apakah anak Mama pernah berkata “Aku tidak mau baca terus, capek!”, padahal ia sudah bisa membaca? Jika pernah, jangan langsung dimarahi, ya, Ma.

Kemampuan anak dalam membaca dimulai dari mengenal dan merangkai huruf dan bunyinya, kemudian berkembang menjadi mulai membaca kata, lalu membaca kalimat. Pada awalnya anak hanya bisa membaca dengan lancar tanpa mengerti isinya, namun perlahan-lahan ia akan memahami isi teks yang dibacanya. Jadi, jika anak sudah bisa membaca, sebenarnya belum tentu ia sudah sampai kepada tahap mengerti apa yang ia baca.

Yang bisa orang tua lakukan agar anak tidak ‘mogok’ membaca, karena memang membaca penting bagi pengetahuannya, salah satunya adalah dengan mempertahankan rutinitas membacakan buku untuk anak. Walaupun anak sudah bisa membaca, anak akan mendapatkan manfaat yang baik jika orang tua membacakannya buku, dimana ia bisa mendengarkan intonasi Mama dalam membaca suatu kalimat. Anakpun pastinya akan meniru dan perlahan-lahan mengerti.

Selain membacakan buku, ajak juga anak bercakap-cakap tentang isi buku yang Mama bacakan. Beri anak kesempatam untuk bertanya pada Anda. Tanya jawab merupakan latihan pemahaman bacaan baginya sehingga di kelas nanti, ia tak merasa asing lagi jika diminta guru menjawab pertanyaan sesuai bacaan. Pilihlah beberapa buku favorit anak dan minta ia membacanya berulang-ulang. Bacaan yang sudah akrab bagi anak juga bisa digunakan untuk membantunya lebih lancar membaca dan menulis kata-kata yang sering ia temui.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Agar Anak Tidak Malas Membaca