Agar Anak Semangat ke Sekolah pada Pagi Hari


Pagi hari yang tenang tanpa ‘drama’ mungkin menjadi impian setiap mama. Kenyataannya, pagi hari adalah saat penuh kehebohan bagi mama, dari menyiapkan sarapan dan bekal, memastikan seragam sudah rapi dan siap dipakai anak, sampai menyiapkan air mandi yang hangat. Tapi, yang menguras energi adalah bolak-balik membangunkan anak-anak yang sulit membuka mata dan keluar dari selimut! Membangkitkan mood untuk bergegas ke sekolah bisa menjadi tantangan tersendiri. Bagaimana agar anak selalu semangat di pagi hari?

-Bangun rutinitas dan belajar bertanggung jawab. Anak-anak kecil sebenarnya lebih suka rutinitas, karena mereka merasa aman. Tetapi, semakin besar, ada banyak hal yang membuat mereka seolah ingin lepas dari rutinitas. Kali ini, coba libatkan anak untuk membuat rutinitas bersama, seperti pukul berapa mereka harus bangun, mandi, sarapan, dan sudah siap berangkat ke sekolah. Tulis dan tempelkan jadwal sesuai kesepakatan ini di kamarnya. Buatlah dengan kreativitas, misal, menggunakan gambar menarik dan jam lengkap dengan jarum panjang-pendek, jika anak belum lancar membaca. Dari sini, anak belajar tanggung jawab terhadap diri sendiri.

Baca juga : Menyambut Pagi dengan Semangat 

-Siapkan perlengkapan sekolahnya di malam hari, seperti alat tulis, buku, perlengkapan prakarya, seragam lengkap. Kalau anak mengeluh mengantuk atau tampak malas-malasan, temani dia menyiapkan semua keperluannya sebelum tidur.  

-Tidur lebih awal dan cukup. Anak-anak perlu tidur nyenyak selama 9 jam. Tidur yang cukup membuat tubuh lebih segar dan siap beraktivitas di pagi hari. Agar tidurnya nyenyak, sebaiknya anak tidak bermain gadget atau nonton film horor sebelum tidur, dan sudah makan malam paling tidak 2 jam sebelumnya.

-Sarapan sehat. Siapkan sarapan favoritnya, tentu yang sehat, ya. Boleh saja, malam hari, Anda menawarinya beberapa pilihan menu: bubur ayam dan telur rebus, pisang-sereal, atau roti keju dan telur dadar. Jangan lupa, segelas susu kesukaannya akan membuatnya lebih bersemangat.  


 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Agar Anak Semangat ke Sekolah pada Pagi Hari

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia