Ajarkan 4 Pertanyaan Ini Sebelum Anak Memutuskan Sesuatu


Sebagai langkah awal mengajarkan anak menjadi pengambil keputusan yang baik, Anda bisa mengajari anak untuk bertanya pada diri sendiri dengan menjawab serangkaian pertanyaan berikut, seperti yang direkomendasikan Jim Taylor, Ph.D., seorang ahli pendidikan:
 
Mengapa saya harus memutuskan ini?
Pertanyaan ini membuat anak memahami motivasi dari keputusannya. Apakah memang untuk kepentingan diri sendiri atau semata terpengaruh peer group-nya?

Apa saja pilihan yang ada?
Mengetahui semua pilihan yang tersedia membuat anak punya alternatif seluas-luasnya, termasuk mengetahui pilihan yang baik dan buruk.

Apa akibat dari pilihan saya?
Nah, di sinilah Anda bisa membantu anak melihat konsekuensi dari setiap pilihannya. Di tahap ini diharapkan anak bisa melihat untung rugi tindakan yang ia akan ambil.

Apakah ini keputusan terbaik saya?
Ajak anak meninjau keputusan yang telah ia ambil, apakah ini yang terbaik? Apakah keputusan ini membuatnya merasa lega atau nyaman? Apakah ada alternatif lain yang terlewat?
 
Jika anak sudah mantap dengan keputusannya, dukunglah dia. Hindari menyalahkan anak jika ternyata keputusannya menghasilkan sesuatu yang mengecewakan. Bagaimanapun juga, anak Anda telah belajar sesuatu yang penting, yaitu berani mengambil keputusan sendiri. 


Baca juga : Lakukan Ini Saat Anak Kepergok Nonton Film Porno 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Ajarkan 4 Pertanyaan Ini Sebelum Anak Memutuskan Sesuatu

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia