Aktivitas Menyenangkan yang Bikin Anak Bugar



Anda pasti sudah sering mendengar manfaat berolahraga untuk kesehatan tubuh, mulai dari meningkatkan harapan hidup, menurunkan risiko terkena penyakit, membantu mengontrol berat badan, sampai memperbaiki kinerja tubuh. Tak hanya Anda, si kecil pun bisa turut merasakan manfaat berolahraga itu. Namun, hanya menasihati anak agar ia rutin berolahraga, tidak akan ampuh, Ma, kalau Anda juga tak melakukannya. Nah, agar olahraga bisa menjadi kebiasaan keluarga, sekaligus tetap terasa menyenangkan bagi anak-anak karena memang prioritas mereka adalah bermain, coba kemas dengan aktivitas-aktivitas yang melibatkan seluruh anggota keluarga berikut ini:

Baca juga: 4 Manfaat Sosial Anak Bermain di Luar

1. Main bersama di playground.
Anak-anak suka menghabiskan waktu di taman bermain: Berayun, berlari, memanjat, meluncur, dan aktivitas fisik lain. Selain
merupakan bentuk olahraga yang sangat baik bagi anak, jika ia sangat aktif berpindah dari satu permainan ke permainan lain, dijamin Anda juga tak akan kalah berkeringat dan bergerak.

2. Bertualang di alam.
Kalau keluarga Anda termasuk yang gemar beraktivitas di alam terbuka, coba cari kegiatan yang bisa dilakukan bersama, yang membuat seluruh anggota keluarga bergerak. Misalnya, hiking atau bersepeda di daerah perbukitan.

3. Buat hari olahraga keluarga.
Dalam satu hari itu, ajak seluruh anggota keluarga melakukan berbagai kegiatan olahraga. Misalnya, main basket atau futsal di lapangan dekat rumah, atau ke pantai untuk main voli dan Frisbee. Anda juga bisa menjadikannya ajang bertanding antar-tim, dengan melibatkan keluarga besar Anda dan suami. Nah, tim yang kalah harus melakukan 10 kali jumping jack dan 10 push-up sebagai hukuman. Jadi makin banyak bergerak, kan?

4. Ajak jalan hewan piaraan.
Jika di rumah memelihara anjing, Anda dan si kecil dapat mengajak ia berjalan-jalan bersama setiap sore, dan bermain lempar tangkap ranting. Aktivitas semacam itu bisa membakar sekitar 100 kalori hanya dalam waktu setengah jam, lho.

Baca juga: Manfaat Anak Bermain

Foto: pixabay

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Aktivitas Menyenangkan yang Bikin Anak Bugar