Anak Belajar Membaca Jam

Pada usia lima tahun, anak akan belajar mengenai karakteristik jam, jarum panjang dan jarum pendek, atau membaca angka pada jam digital.

“Anda dapat membimbing anak untuk memahami peristiwa tertentu – Saat jarum panjang lurus ke atas dan jarum pendek ke angka sembilan, itu tandanya kamu harus tidur,” ujar Robert Billingham, Ph.D, profesor kajian pengembangan manusia dan keluarga dari Indiana University. “Namun jangan berharap dia memahami konsep besar untuk memberitahu jam berapa saat itu.”

Sebagai tahap awal, Anda bisa mengajak anak membaca angka yang tertera pada jam digital. Mungkin baginya angka-angka itu tidak bermakna, namun anak pasti bangga karena sudah dapat membaca jam.

Anak-anak di kelas satu dan dua SD biasanya sudah mulai mencari tahu cara membaca jam yang lebih rumit dengan jarum panjang dan jarum pendek. Tetapi tak perlu khawatir jika anak-anak berusia enam atau tujuh tahun belum mengerti bahwa angka 6 bisa berarti 30 dan angka 3 bisa berarti 15.

Waktu, bagaimanapun juga, adalah obsesi orang dewasa. Anak-anak terpesona oleh pemahaman akan waktu, apa itu jam, dan bagaimana cara bekerjanya. Namun mereka sama sekali tidak tertarik membiarkan waktu mengontrol hidup mereka. Inilah pelajaran di mana banyak orang tua ingin sekali bisa memahaminya.