Anak Mengompol Karena Stres?

Tanya:
Anak perempuan saya (6) akan masuk SD dan saya sedang hamil. Sebulan terakhir ini, ia sering mengompol. Haruskah ke dokter khusus?

Jawab:
Selama 6 tahun lebih, ia terbiasa menjadi anak ’tunggal’, sehingga memperoleh kasih sayang orang tua (tanpa harus berbagi). Wajar saja bila ia merasa khawatir, sedih atau stres.

Mengompol banyak penyebabnya. Di antaranya, infeksi saluran kemih (ISK), faktor kejiwaan, gangguan persarafan di kandung kemih, dll. Pada anak, umumnya ini karena ISK atau masalah psikologis. Makanya, harus segera dicari penyebabnya.

Sementara itu, persiapkan anak ’menyambut’ kedatangan adik bayi. Libatkan dalam berbagai aktivitas, seperti membeli barang kebutuhan bayi, mempersiapkan kamar, mencari nama, dll.
 
Berikutnya adalah mengatur pola hidupnya. Biasakan untuk minum 1 jam sebelum tidur malam, pipis sebelum  tidur, bangunkan tengah malam untuk pipis, dll. Siangnya, ajak ke kamar mandi secara rutin (setiap jam). Di sekolah, minta ia  tidak menahan pipis. Bicarakan dengan guru anak, agar mengingatkan anak. Jangan lupa, diskusikan hasil urin dengan dokter.

Konsultan: Dokter spesialis anak, dr. Purnamawati S. Pujiarto, Sp.AK, MMPed.

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia